Manajemen Produksi Konten Media Sosial Pada Divisi Konten Media Baru TVRI Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.66011Kata Kunci:
Manajemen Produksi Konten, Media Sosial, LPP TVRIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan manajemen penerapan konten media sosial yang diproduksi oleh Divisi Konten Media Baru TVRI Jawa Timur. Digitalisasi multiplatform mengharuskan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) untuk tetap relevan bagi masyarakat. Media sosial kini menjadi bagian penting dari media terestrial, sehingga TVRI harus beradaptasi dan berinovasi dengan mengelola media sosial secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti melakukan wawancara dengan tim Divisi Konten Media Baru TVRI Jawa Timur yang beranggotakan tiga orang. Objek penelitian ini adalah manajemen produksi media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen produksi konten media sosial pada Divisi Konten Media Baru TVRI Jawa Timur sejalan dengan Teori Manajemen Produksi Media, Terry (1992), adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan sarana dan prasarana setara dengan kecanggihan terestrial, SDM dan anggaran lebih sedikit dibandingkan terestrial, dan indikator dicapai secara mandiri. 2) Pengorganisasian anggota tim memiliki latar belakang yang beragam, sehingga menyebabkan perbedaan perspektif dalam pemahaman media digital dan shifting berpikir. 3) Pelaksanaan produksi dilakukan secara efisien dengan struktur waktu yang jelas. 4) Melakukan quality control sebelum pengunggahan konten dilakukan, serta melakukan monitoring konten untuk melihat capaian indikator keberhasilan.
Unduhan
Referensi
Artini, S. W. (2022). Transformasi Digital TVRI Sulawesi Selatan Manfaatkan Fitur Siaran Langsung Platform Media Sosial. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 91-103.
Astuti, A. D. (2018). Penerapan Konvergensi Media Di Lpp Tvri Nasional Jakarta. Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 4(2), 74-88.
Astuti, A. D. (2020). Pengelolaan Media Sosial Di TVRI Sumatera Selatan Pada Era New Media. Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 5(1), 15-32.
Bungin, B. (2003). Analisis data kualitatif. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hakim, A., Wahyudin, A., & Kristiadi, D. (2022). Penerapan Teknologi Siaran Digital Bagi LPP TVRI Jawa Timur. Jurnal Heritage, 10(1), 50-71.
Kimmel, A. J., & Kitchen, P. J. (2016). WOM and social media: Presaging future directions for research and practice. In Word of mouth and social media (pp. 4-19). Routledge.
Lestari, P., & Wahyudin, A. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran Di LPP TVRI Stasiun Jakarta. Jurnal Heritage, 7(2), 80-101.
Nurrohmah, S., & Rifa'i, A. (2023). TVRI Yogyakarta in the era of disruption: Maintaining the existence of cultural wisdom through the broadcast of" Canthing. Islamic Communication Journal, 8(2), 251-266.
Siti, S. S., & Kuswantoro, R. H. (2022). Manajemen Penyiaran Berita Dalam Menghadapi Persiangan Media Pada Era Digital di TVRI Jawa Timur. JURNAL HERITAGE, 10(2), 160-171.
Suroko, A. P. (2020). Transformasi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) di Era Konvergensi Media (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Swani, N. M., Widaswara, R. Y., & Sutama, I. W. (2024). STRATEGI DAN TANTANGAN KONVERGENSI MEDIA DALAM KOMUNIKASI PENYIARAN DIGITAL. Samvada: Jurnal Riset Komunikasi, Media, dan Public Relation, 3(1), 39-49.
Tapsell, R. (2015). Platform convergence in Indonesia: Challenges and opportunities for media freedom. Convergence, 21(2), 182-197.
Terry, G. R. (1992). Personnel Management. United Kingdom: Macmillan Coll Div; Subsequent edition.
Utari, T. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran Pada LPP TVRI Jawa Timur. JURNAL HERITAGE, 11(1), 38-46.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

