Pengaruh kualitas konten promosi produk skincare terhadap customer engagement (Studi survei pada followers akun instagram @beliacosmetic)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.66061Kata Kunci:
konten promosi, keterlibatan pelanggan, InstagramAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas konten promosi produk skincare terhadap customer engagement pada Instagram @beliacosmetic. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Fokus penelitian adalah dua indikator utama, yaitu efisiensi dan kualitas konten promosi, selama periode Januari hingga Maret 2024. Data diperoleh melalui kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert dengan nilai kebalikan untuk pertanyaan positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas konten memiliki pengaruh signifikan terhadap keterlibatan kognitif, afektif, dan perilaku audiens, dengan indikator keterlibatan perilaku menunjukkan rata-rata tertinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi, efisiensi dan kualitas konten secara simultan memberikan kontribusi besar terhadap customer engagement.
Unduhan
Referensi
Adi Ahdiat. (2024). 5 E-Commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia (Januari - Desember 2023). Databoks.
Anang Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Publisher Name.
Ariasih, M. P., Iswahyudi, M. S., Hansopaheluwakan, S., Azman, H. A., Hidayat, C., Erwin, E., Waty, E., Nurchayati, N., Munizu, M., & Afiyah, S. (2023). Marketing management. Erfina Rianty (Ed.). Bali: PT. Green Pustaka Indonesia.
Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran (Edisi 5). Jakarta: Kencana.
Chandra, C. N., & Purnama Sari, W. (2021). Pengaruh content marketing terhadap customer engagement (studi pada akun Instagram LazadaID). Prologia, 5(1), 191 197. https://doi.org/10.2598-0777
Cindy Mutia Annur. (2024). 10 Aplikasi media sosial yang paling banyak dipakai pengguna internet (Januari 2024).
Dewi, A. K. (2022). Pengaruh kualitas konten soft launching kereta panoramic melalui Instagram @kawisata terhadap motivasi pembelian tiket oleh @kawisata (Studi eksplanatif konten Instagram soft launching kereta panoramic unggahan 23 Desember 2022 pada followers Instagram @kawisata).
Djik, J. A. G. M. van. (2013). The Network Society (3rd ed.). London: SAGE Publications.
Elida, T., & Raharjo, A. (2019). Pemasaran digital. Atika Mayang Sari (Ed.). Bogor: IPB Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

