IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DESA WISATA KETAPANRAME DALAM UPAYA MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN

Penulis

  • Annisa Eka Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Tatak Setiadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.66134

Kata Kunci:

Integrated Marketing Communication, Desa Wisata, Wisatawan

Abstrak

Perkembangan sektor pariwisata yang sangat pesat membuat terciptanya berbagai jenis pariwisata di Indonesia. Salah satu jenis yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat adalah jenis wisata desa. Menjamurnya desa wisata yang ada di Indonesia saat ini, membuat perlunya strategi komunikasi pemasaran terpadu agar nantinya desa wisata tersebut dapat bersaing dengan wisata lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang dilakukan oleh Desa Wisata Ketapanrame dalam upayanya menarik minat berkunjung wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Data yang diperoleh melalui proses wawancara dengan narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, implementasi IMC yang paling dominan dilakukan oleh  Desa Wisata Ketapanrame adalah  dengan promosi diskon melalui media sosial dan agen, selanjutnya publisitas melalui media sosial dan media massa, terselenggaranya event yang bercorak culture, serta promosi melalui WOM dan E-WOM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah. (2009). Hambatan Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Mata Pelajaran Produktif Di Smk Wiraswasta Kota Cimahi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ajif, P. (2013). Pola Jaringan Sosial Pada Industri Kecil Rambut Palsu Di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/18100/5/Bab Iii 09.10.033 Aji P.Pdf

Cahyaningrum, N., & Tukiman, T. (2022). Strategi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Mengembangkan Wisata Taman Ghanjaran Di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah UniversitasBatanghariJambi,22(2),1133.Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V22i2.2328

Kemenparekraf.go.id.(2023).(https://kemenparekraf.go.id/statistik-pariwisata-dan ekonomi-kreatif. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2024)

Kemenparekraf. (2024). Siaran Pers:Menparekraf: Jumlah Kunjungan Wisman Sepanjang 2023 Lampaui Target. (https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-jumlah-kunjungan-wisman-sepanjang-2023-lampaui-target. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2024)

Kemenparekraf. (2024). (https://jadesta.kemenparekraf.go.id/sebaran. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2024)

Putri, J. C., & Riyadh, A. (2024). Strategi Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Wisata Taman Ghanjaran Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Strategy Of Village Owned Enterprises ( Bumdes ) In Developing Tourism Village At Ghanjaran Park Tourism , Ketapanrame Vi. 9(1).

M. Niamullah. (2011). Pemanfaatan Museum Keraton Kasepuhan Dan Kanoman Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Untuk Mengambangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Journal Of Chemical Information And Modeling. Http://Www.Elsevier.Com/Locate/Scp

Muktaf, Z. M. (2016). Teknik Penelitian Studi Kasus, Etnografi Dan Fenomenologi Dalam Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–5. Https://Repository.Umy.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/20161/Teknik Penelitian Studi Kasus.Pdf?Sequence=1

Safika, N. (2021). Strategi Branding Pariwisata Melalui Instagram Program Studi Jurnalistik Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Parepare 2021 M / 1443 H.

Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Albeta

Tamianingsih, T., & Eprilianto, D. F. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Community Based Tourism (Studi Kasus Desa Wisata Ketapanrame Kabupaten Mojokerto Jawa Timur). Publika, 1025–1040. Https://Doi.Org/10.26740/Publika.V10n3.P1025-1040.

Wulandari, D. P. (2013). Fenomena Penggunaan Susuk Pada Profesi Joged Dalam Seni Tayub Di Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). 157–165.Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=K8j4dwaaqbaj

Diterbitkan

2025-02-07

Cara Mengutip

Rahayu, A. E., & Tatak Setiadi. (2025). IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DESA WISATA KETAPANRAME DALAM UPAYA MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN. The Commercium, 9(1), 536–549. https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.66134

Terbitan

Bagian

artikel
Abstract views: 161 , PDF Downloads: 161