PENGARUH PENGALAMAN ESTETIKA VISUAL TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA CAFÉ KAVLING DPR SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i1.66217Kata Kunci:
Kata Kunci: Pengalaman Estetika Visual, Purchase Intention, CaféAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman estetika visual terhadap purchase intention pada Café Kavling DPR Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisisnya menggunakan statistika dan berlandaskan pada filsafat positivism. Proses penelitian bersifat deduktif, yang mana untuk menjawab rumusan masalah digunakan konsep atau teori sehingga dapat dirumuskan hipotesis yang kemudian diuji dan dianalisis. Hubungan variabel terhadap objek yang diteliti lebih bersifat sebab-akibat (kausal), sehingga dalam penelitiannya terdapat dua variabel yaitu variabel independent dan dependen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disebarkan kepada 100 responden, mennggunakan Accidental Sampling yang merupakan salah satu teknik non-probability sampling dalam penelitian ini. Penilaian instrument penelitian menggunakan skala likert, dimana nilai terkecil adalah 1 dan yang terbesar bernilai 5. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Sehingga didapat nilai 0,891 dengan 24 item valid pada variabel X dan nilai 0.659 dengan 9 item valid pada variabel Y. Penelitian dengan dua variabel ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, dan hasilnya membuktikan bahwa pengalaman estetika visual berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,101 atau 10,1% dan taraf signifikansi (sig. f) sebesar 0,001. Mayoritas responden menilai “sedang”, yang artinya mereka menilai bahwa variabel X cukup berpengaruh terhadap variabel Y.
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Adilova, A., & Shamoi, P. (2024). Aesthetic Preference Prediction in Design Interior: Fuzzy Approach. doi:https://doi.org/1048550/arXiv:2410.17710
Agung, L. (2017). Estetika: Pengantar Sejarah dan Konsep (G. Sudibyo (ed.)). PT Kanisius.
Azzuhri, M., & Tanjung, A. D. (2017). Interior Design At Coffee Shop As a Factor Influencing Customer Retention and Mediating Role of Perceived Customer Satisfaction. Jurnal Entrepreneur and Entrepreneurship, 6(2), 43–54. https://doi.org/10.37715/jee.v6i2.639
Bhadauria, A. (2016). Investigating the Role of Aesthetics in Consumer Moral Judgment and Creativity (Issue August). University of Wisconsin Milwaukee.
Brisson, R., & Bianchi, R. (2022). Aesthetic disposition, educational capital, personality trait openness, and sex: A study of French high-school students. Empirical Studies of the Arts, 40(2), 259-274. doi:10.1177/02762374211047973
Corradi, G., Chuquichambi, E. G., Barrada, J. R., Clemente, A., & Nadal, M. (2019). A new conception of visual aesthetic sensitivity. British Journal of Psychology, 111(8476). doi: https://doi.org/10.1111/bjop.12427
Dharsono, & Soni, K. (2007). Estetika. Rekayasa Sains Bandung.
D’Olimpio, L. (2022). Aesthetica and eudaimonia: Education for flourishing must include the arts. Journal of Philosophy of Education, 56(6), 238-250. doi:10.1111/1467-9752.12661
Ekon.go.id. (2022). Lewat Expo dan Forum, Komoditas Kopi Didorong Menjadi Produk Agribisnis Unggulan - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Ekon.Go.Id. https://ekon.go.id/publikasi/detail/4274/lewat-expo-dan-forum-komoditas-kopi-didorong-menjadi-produk-agribisnis-unggulan
Farrar, C. (2022, July 5). The Most Important Aspect of Cafe Interior Design. Retrieved from GreyCoffee.co.uk: https://greycoffee.co.uk/designing-a-cafe-interior/
Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya Nongkrong Anak Muda di Kafe (Tinjauan Gaya Hidup Anak Muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT), 3(5), 1–13. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/29665
Hall, E. T. (1959). The Silent Language. Garden City, New York: Doubleday & Company, INC.
Hall, E. T. (1966). The Hidden Dimension. Garden City, New York: Anchor Books Editions.
HESTYA. (2023, December 31). Cafecore 2024: Embracing the Kafe Aesthetic in Restaurant Design. Retrieved from HestyaDesign.com: https://www.hestyadesign.com/post/cafecore-2024-embracing-the-kafe-aesthetic-in-home-design
IndonesiaCoffee. (2022). Membedah Potensi Bisnis Kopi dan Tren Kedai Kopi 2022. Indocoffee.Id. https://indocoffee.id/news/potensi-bisnis-kopi/
Isha, M. A. (2024, January 10). 7 Aesthetic Cafe Design Ideas to Fascinate Your Customer. Retrieved from bdtask: https://www.bdtask.com/blog/cafe-design-ideas
Kurniawan, A., & Noviyanti, S. (2023, December 23). Cara Menjaga Konsistensi Rasa Kopi dengan Pemanfaatan Teknologi Automasi. Kompas.Com. https://lestari.kompas.com/read/2023/12/23/091100586/cara-menjaga-konsistensi-rasa-kopi-dengan-pemanfaatan-teknologi-automasi?page=all
Leder, H., Ring, A., & Dressier, S. G. (2013). See Me, Feel Me! Aesthetic Evaluations of Art Portraits. Psychology of Aesthetics. Creativity, and the Arts, VII(4), 358-369. doi:10.1037/a0033311
Li, X., Romainoor, N. H., & Sun, Z. (2024). Factors in consumers’ purchase intention for Gejia batik. Heliyon, 10(e23085). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e23085
Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021? Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021
Martinez, Y. (2024). Perfect Coffee Shop Layout: A Guide to Success. Retrieved from Tanic.Design: https://tanic.design/blog/designing-the-perfect-coffee-shop-layout-a-guide-for-success
Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nielsen, N. (2024, March 12). Top Cafe Decoration Ideas to Create a Welcoming Atmosphere. Retrieved from LimePack.eu: https://www.limepack.eu/blog/cafe-eu/top-cafe-decoration-ideas-to-create-a-welcoming-atmosphere
Park, J., & Togawa, T. (2019). Aesthetic Perception and Consumer Behavior: A Comprehensive Review. Quarterly Journal of Marketing, 20-34.
Pitaloka, E. D., Sutejo, B., & Sumiyati, S. (2024). Pengaruh Store Atmosphare, Customer Value Terhadap Customer Satisfaction Dan Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Boston Café Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 884–900.
Rahman, M. F. N., & Jumino, J. (2020). Peran Desain Interior Dalam Menunjang Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(1), 81–98. https://doi.org/10.14710/anuva.4.1.81-98
Rapoport, A. (1982). The Meaning of the Built Environment. Tucson: The University of Arizona Press.
Riyandi, V. (2022). Pertumbuhan dan Potensi Bisnis Kopi di Indonesia | LandX. LandX.Id. https://landx.id/blog/infografik-semerbak-harumnya-bisnis-kopi-indonesia/
Samovar, L. A., Porter, R. E., & McDaniel, E. R. (2009). Communication Between Cultures (7th ed.). Belmont, California: Wadsworth.
Shi, A., Huo, F., & Huo, G. (2021). Effects of Design Aesthetic on the Perceived Value of a Product. Frontiers in Psychology, 1-11.
Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
Stouhi, D. (2022, May 20). Interior Design Aesthetics: 22 Projects that Explore Trending Interior Styles. Retrieved from ArchDaily.com: https://www.archdaily.com/982222/interior-design-aesthetics-22-projects-that-explore-trending-interior-styles
Sugimo. (2018). Kajian Estetika Wahyu Makhutarama Pakem Mangkunegaran. ParaiAnom: Jurnal Pengkajian Seni Budaya Tradisional, 1(1), 63–78.
Sugiyono, P. D. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Świątek, A. H., Szcześniak, M., Stempień, M., Wojtkowiak, K., & Chmiel, M. (2024). The mediating effect of the need for cognition between aesthetic experiences and aesthetic competence in art. Scientific Reports, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41598-024-53957-6
Toufani, S. (2015). The Importance of Aesthetics on Customers' Intentions to Purchase Smartphone. University of Western Sydney.
Traylor, R. (2024). How Restaurant Color Schemes Affect Your Customer. Retrieved from WebstaurantStore.com: https://www.webstaurantstore.com/blog/1884/interior-color-choices-and-your-restaurants-message.html
Yupardhi, T. H., & Noorwatha, I. K. D. (2019). Instagrammable Interior : Studi Preferensi Tampilan Estetik dan Kreatif Interior Tempat Kuliner untuk Generasi Milenial. Seminar Nasional Sandyakala, 46–55. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/38
Zong, Z., Liu, X., & Gao, H. (2023). Exploring the mechanism of consumer purchase intention in a traditional culture based on the theory of planned behavior. Frontiers in Psychology, 14(February), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1110191
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

