Analisis Framing Pemberitaan tentang Putusan Mahkamah Konstitusi dalam Pemilihan Kepala Daerah pada Tahun 2024 di Media Online Sindonews.com dan Antaranews.com

Penulis

  • Dian Putrananda Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Aisyiyah Rachma Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.67540

Kata Kunci:

Pemilihan Kepala Daerah, Media Massa, media digital, Mahkamah Konstitusi

Abstrak

Media massa telah mengalami perubahan yang pesat seiring berkembangnya zaman. Perubahan tersebut ditandai dengan adanya digitalisasi media yang semakin marak di era modern ini. Media yang awalnya dikuasai oleh koran, radio, ataupun televisi kini saling beradaptasi dengan membuat media online agar tetap dapat dinikmati oleh masyarakat. Perilaku masyarakat yang seiring berubah karena adannya digitalisasi mendorong para pemilik media untuk menyajikan data-data atau berita yang aktual maupun faktual hanya dalam hitungan menit.

            Dalam hal ini, media Sindonews.com dan Antaranews.com merupakan kedua media yang saling berlomba memberikan informasi aktual. Informasi yang diberitakan tidak lepas dari sebuah bingkai atau framing dengan tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan kepemilikan media masing-masing. Pemberitaan tentang putusan Mahkamah Konstitusi dalam Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2024 telah membuat penulis tertarik melakukan penelitian dikarenakan ingin mengetahui bagaimana kedua media mainstream atau konvensional tersebut melakukan pembingkaian terhadap suatu isu. Kepemilikan media yang sangat berbeda dapat menimbulkan suatu perbedaan pembingkaian terhadap suatu informasi.

             Dengan menggunakan metode analisis framing dan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji bagaimana kedua media menyajikan berita dan membingkai isu putusan MK yang mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sindonews.com lebih menonjolkan dinamika politik dan implikasi langsung putusan MK terhadap calon dan strategi partai dengan gaya pemberitaan kritis dan sensasional, serta berperan sebagai pengawas terhadap kekuasaan. Sementara itu, Antaranews.com lebih menekankan pada implikasi hukum, respon berbagai pihak, dan potensi dampak putusan terhadap kepercayaan publik dan partisipasi politik, dengan sikap yang cenderung menjaga stabilitas politik dan mendukung kepentingan pemilik media. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai peran media daring dalam membentuk opini publik dan dinamika politik menjelang Pilkada 2024.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeni, A., & Wuryanta, E. W. (2020). Industri Religi Pada Media Online. Communications, 2(2), 61–73. https://doi.org/10.21009/communications.2.2.4

ANTARA, A. (2014). Sejarah Singkat LKBN Antara.

Astaningrum, M. D. (2021). Analisis Framing berita pro dan kontra pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah Pandemi Covid-19 pada Media online Kompas.com dan Antaranews.com (periode 20-30 September 2020). Digilibunesa.Ac.Id. Retrieved from https://digilib.unesa.ac.id/search?search=Meita+Dinar&q=

Edward S. Herman; Noam Chomsky. (1984). Manufacturing Consent (book), 407.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing (Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media). Yogyakarta: Lkis Group.

Febriyanti, Z., & Karina, N. (2021). Konstruksi Berita Cnn Indonesia Tentang Gibran Rakabuming Raka Pasca Pilkada Serentak Kota Solo 2020 : Analisis Framing Perspektif Zhongdang Pan-Gerald M Kosicki. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(2), 146–155.

Hanifah, Z., & Setiawan, H. (2023). 5970-Article Text-14284-1-10-20230810, 9(6), 693–698.

Hartono, H. (2024). URGENSI PUTUSAN MK NOMOR 60 / PUU-XXII / 2024 TERHADAP PENYELENGGARAAN PILKADA TAHUN 2024 THE URGENCY OF MK RULING NUMBER 60 / PUU-XXII / 2024 REGARDING THE ORGANIZATION OF THE 2024 ELECTION. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, (September), 5374–5383.

INDEF. (2024). Ekonomi Politik Persaingan Pilkada 2024 06 September 2024.

Maghfira, F. A. (2022). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN GUGATAN RCTIDAN INEWS TERHADAP UU PENYIARAN PADA MEDIA ONLINE SINDONEWS.COM DAN DETIK.COM. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/48459/40462

Mukhriyyah, W., Yasin, B., Tarifu, L., & G, M. S. (2019). Jurnal Kebijakan Redaksional Media Online, 1(1), 27–40.

Munif, M. A. (2023). Analisis Framing Model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki dalam Kontruksi Pemberitaan Wacana Calon Presiden 2024 di Indonesia. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 3(1), 48–61. Retrieved from https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar

Nirmala, R. A. (2023). Politik, Pemilu 2024 dan Perkembangan Media. Retrieved November 13, 2024, from https://binus.ac.id/malang/communication/2023/06/21/politik-pemilu-2024-perkembangan-media/

Permatasari, I. (2022). Analisis Framing Model Pan Dan Kosicki Terhadap Pemberitaan Ganjar Pranowo Nyapres Di 2024: Pada Media Online Cnnindonesia.Com Dan Tempo.Co. Perspektif, 1(6), 616–624. Retrieved from https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/267

Poti, J. (2019). Ekonomi Politik, Media Dan Ruang Publik. Semiotika, 13(2), 200–206. Retrieved from http://journal.ubm.ac.id/

Pratiwi, F. S. (2024). Data Jumlah Media Pers di Indonesia yang Terverifikasi per 21 Februari 2024. Retrieved November 13, 2024, from https://dataindonesia.id/varia/detail/data-jumlah-media-pers-di-indonesia-yang-terverifikasi-per-21-februari-2024

Rahmani, G. P. I. (2023). Analisis Framing Pemberitaan Tragedi Kerusuhan Sepak Bola di Stadion Kanjuruhan pada Surat Kabar Jawa Pos. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/55536/43918

Septiani, D. (2020). Kampanye Politik dan Media Sosial: Cara Media Sosial Mengubah Tataran Politik dan Demokrasi di Indonesia. Retrieved November 13, 2024, from https://news.unair.ac.id/id/2020/09/16/kampanye-politik-dan-media-sosial-bagaimana-media-sosial-merubah-tataran-politik-dan-demokrasi-di-indonesia/

Setiawan, I. (2020). Media Cetak Dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi. Retrieved November 13, 2024, from https://binus.ac.id/bandung/2020/07/media-cetak-dalam-menghadapi-era-teknologi-informasi/

Setiowati, D., Cheril, R., & Sary, M. P. (2021). Pengaruh Perkembangan Digitalisasi Media Pada Portal Berita Kompas Terhadap Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta). Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.35760/mkm.2021.v5i1.3377

Sihite, A., Sijabat, N., & Rohma, P. (2024). Analisis Framing Pemberitaan Media Online CNN Indonesia.com dan Kompas.com terhadap Kasus Sidang Mahkamah Konstitusi, Bawaslu DKI Mengenai Pelanggaran Pemilu 2024. Tuturlogi, 5(2), 63–73. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2024.005.02.1

SINDOnews, T. (2024). Saksikan Rakyat Memilih Pemimpin dan Pemimpin Pilihan Rakyat di SINDONEWS TV dan SINDOnews.com Hari Ini. Sindonews.Com.

Trilestari, L., Nurfaizi, K. R., Kurniawan, D., & Muntaha, A. (2024). Analisis Framing Pemberitaan Media Lokal Jawa Tengah Suara, 4(2), 1396–1411. https://doi.org/10.53363/bureau.v4i2.411

Wikipedia. (2023). Model pembingkaian Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Model_pembingkaian_Zhongdang_Pan_dan_Gerald_M._Kosicki

Wikipedia. (2024). Sindonews.com. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Sindonews.com

Yuli. (2024). Syarat Pencalonan di Pilkada 2024. Retrieved November 13, 2024, from http://portal.tarakankota.go.id/post/syarat-pencalonan-di-pilkada-2024

Yuningsih, A. (2006). Implementasi Teori Konstruksi Sosialdalam Penelitian Public Relations. Https://Ejournal.Unisba.Ac.Id/. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1215/774

Diterbitkan

2025-05-28

Cara Mengutip

Dian Putrananda, & Putri Aisyiyah Rachma Dewi. (2025). Analisis Framing Pemberitaan tentang Putusan Mahkamah Konstitusi dalam Pemilihan Kepala Daerah pada Tahun 2024 di Media Online Sindonews.com dan Antaranews.com. The Commercium, 9(3), 38–47. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.67540
Abstract views: 93 , PDF Downloads: 75