MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM BUDAYA LOKAL UNGGULAN PADA PRO 4 RRI SURABAYA

Penulis

  • Irma Syahdaniah Universitas Negeri Surabaya
  • Gilang Gusti Aji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.68024

Kata Kunci:

Informasi, Radio, Kebudayaan, Public Service Broadcasting

Abstrak

Kemajuan teknologi di era globalisasi membuat banyaknya media berloba-lomba untuk mencari informasi terbaru untuk dipublikasikan, seperti halnya radio saat ini masih cukup digemari pendengar dari berbagai kalangan dan usia. RRI Surabaya yang memfokus sarananya sebagai  sarana pelestarian kebudayaan, hal ini terlihat pada programma 4 yang menjadi media memproduksi program-program budaya yang edukatif untuk masyarakat sebagai bentuk upaya pelestari kebudayaan sebagai wujud pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen produksi program budaya pada Programma 4 RRI Surabaya mampu mempertahankan siaran budaya lokal. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pro 4 RRI Surabaya dapat mengelola produksi program budaya lokal unggulan dengan baik. didasarkan pada penerapan prinsip PSB (Publc Service Broadcasting) pada pembentukan tim produksi medianya yang mana terlihat media publik ini telah melakukan beragama inovasi dan digitalisasi yang kreatif dengan terus berinovasi melalui pembentukkan platform baru. Hal lainnya untuk jadwal siaran telah ditetapkan oleh tim PEP (perencanaan program) yang disetujui oleh kepala Pro 4 RRI Surabaya, sehingga produksi dan penyiar hanya mengikuti yang ada.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ari Mintarti Murbaningsih Purwanto. (2022). Analisis Kebijakan Lpp Rri Semarang

Terhadap Program Siaran Budaya. Jurnal Heritage, 10(1), 72– 86.

Arman Maulana.2018. Manajemen Produksi Program Acara Lokal Stasiun Televisi

Berjaringan Net.Tv Biro

Jawa Barat Dalam Rangka Menjaga Budaya Lokal

Dominick, Joseph R. (2012). The

Dynamics Of Mass

Comunication: Media In The

Digital Age. Amerika Serikat

Don Tapscoott.1998. Growing Up Digital: How the Net

Generation is Changing The World. Mcgraw-Hill

Dubber Andrew. 2013. Radio in The Digital Age. Polity

Press.

Firdaus, A. (2023). Strategi Radio

Republik Indonesia (Rri)

Makassar

Fadila Khasna, Et All. (2024). Peran Radio Pro 4 Rri

Yogyakarta Sebagai Media Pelestari Budaya Jawa Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digital.

Saraq Opat: Jurnal

Administrasi Publik, 5(1), 86– 103.

Hasandinata, N. S. (2018). Siaran

Bahasa Sunda Di Rri Bandung Dan Upaya

Pelestarian Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan

Hasdiana, U. (2018). Keragaman Budaya Cirebon : Survey Atas Entitas Budaya.

Hastuti, S., Purwanto, P., & Wahyudin, A. (2020). Implementasi Teknik Penyutradaraan Acara

Ketoprak Di Rri Purwokerto. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan

Informatika, 9(1), 31–39.

Henry Jenkins (2006). Convergence

Culture : Where Old Media And New Media Collide

Hubberman, Milles.(2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook.

Usa: Sage Publication.

Ichsan, St. Salwa, Rahma Hasnah, Muh Faiz, S. M. (2024). Analisis Konvergensi Media : Studi Transformasi Dari Media Analog Ke Media Digital. 4(4).

Indrajit Banarjee & Kalinga Seneviratne (2006). Public Service Broadcasting In The

Age Of Globalization. Amerika Serikat

Ipaenin, Y. A. (2023). Analisis

Fungsi Manajemen

Pemberitaan Di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (Lpp Rri) Ambon. Jkm.My.Id, 1(1), 11–25.

Jeremy Harris. 2018. Social Media Communication. Routledge

Khasna, F., Al-Mubarok, M., & Muji, A. (2016). Peran Radio Pro 4 Rri Yogyakarta Sebagai Media Pelestari Budaya Jawa. 4(0), 1–23.

Kustiawan, W., Marpaung, M. D., Syahputra, M. A., Ulya, A. F., Fauzi, A., & Nadzim, M.

(2022). Sejarah Perkembangan Radio. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 1–19.

Larasati, Retno Dhini (2019).

Strategi Komunikasi Lpp Rri

Bandung Dalam

Mewujudkan Peran Sebagai Media Pelestari Kebudayaan Daerah Sunda Jawa Barat

Lokananta, A. C., Lestari, R.,

Wicaksono, B., & Luhur, U.

B. (2024). Producer’s Strategy In Improving Broadcast Programs In The Pandemic Era. Jurnal Ilmu

Komunikasi Uho : Jurnal

Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(1), 121–135.

Mcluhan,Marshall.(1964).Underst

anding Media: The Extensions Of Man.Amerika

Serikat

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Syahdaniah, I., & Gilang Gusti Aji. (2025). MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM BUDAYA LOKAL UNGGULAN PADA PRO 4 RRI SURABAYA . The Commercium, 9(3), 65–74. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.68024
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 41