PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAB BUTTONSCARVES
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.69923Keywords:
Brand Image, Hijab, ButtonscarvesAbstract
Pesatnya pertumbuhan industri hijab di Indonesia mendorong kemunculan berbagai merk, termasuk Buttonscarves sebagai brand premium yang berhasil membangun Brand Image yang kuat melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian hijab Buttonscarves di kalangan pengikut akun Instagram @buttonscarves. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei dan purposive sampling. Sebanyak 400 responden yang telah membeli produk hijab Buttonscarves mengisi kuesioner. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 30 dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, korelasi, regresi linier sederhana, dan uji-t. Hasil menunjukkan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dengan nilai R² sebesar 0,843. Artinya, 84,3% Keputusan Pembelian dijelaskan oleh persepsi konsumen terhadap Brand Image. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi Brand Image melalui media sosial dalam memengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pelaku industri fashion dalam merancang strategi komunikasi merk digital yang efektif untuk menjangkau konsumen Muslimah.
Downloads
References
Agustin, V., & Suranto, S. P. (2023). Strategi Penggunaan Digital Marketing, Harga Dan Brand Image Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada E-Commerce Shanie Store.
Annur, C. M. (2023). Populasi Muslim Indonesia Terbanyak di Asia Tenggara Berapa Jumlahnya? Databoks.
Apriliani, R., Ardiyanti, Y., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust DanProduct Quality Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada pembeli Kopi Bowongso di Kabupaten Wonosobo). Jamasy : Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2, 100–108.
Arda, M., Putra, Y. A., & Andriany, D. (2022). Pengaruh Media Sosial Dan Lingkungan Toko Terhadap Keputusan Berkunjung Konsumen Buttonscarves. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2614–1469.
Beautynesia. (n.d.). Jadi Favorit Selebriti, Ini Brand Hijab Ternama Asal Indonesia yang Wajib Menjadi Koleksi. https://www.beautynesia.id/fashion/jadi-favorit-selebriti-ini-brand-hijab-ternama-asal-indonesia-yang-wajib-menjadi-koleksi/b-253778
Buttonscarves. (2025). Website Resmi Buttonscarves. https://www.buttonscarves.com/
Destryawan, D. (2021, November). Menparekraf: Fashion Berkontribusi 20 Persen Terhadap Sektor Ekonomi Kreatif. Tribunnews.Com.
Hazira, J. R. (2023). Studi Fenomenologi Motif Pengguna Brand Lokal High End Pada Mahasiswa Surabaya Pengguna Buttonscarves. Jurnal Ilmu Komunikasi, 07(2), 108–115.
Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 103–113. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822
Istiqomah, Y. (2023). Perencanaan Bisnis Minisme Moslem Wear Bandung. JURNAL GEMA, 01(01), 1–10.
Kemenparekraf. (2020). Kiprah 5 Desainer Indonesia yang Go Internasional. Kemenparekraf / Bparekraf RI.
Kotler, P., & Keller, K. L. (1959). Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (Global Edi, Vol. 22).
Lesmana, T. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dalam Berbelanja Online. Jurnal EBI, 5(2), 46–56. https://doi.org/10.52061/ebi.v5i2.175
Naftali, J., Kusumaningrum, H., & Romadhan, M. I. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Umkm Pottapots Dalam Meningkatkan Brand Image Melalui Instagram. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM), 2(1), 185–194.
Rosaline, C. E., & Tashandra, N. (2024). 7 Merek Hijab Lokal yang Bagus, Ada Scarf hingga Bergo.
Rossa, V. (2021). Buttonscarves Raih Penghargaan Best Muslim Wear Category Tahun 2021.
Sahara, A. R., Dorothy R.H. Pandjaitan, & Dwi Asri Siti Ambarwati. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Keputusan Pembelian Pada Buttonscarves. Journal Economics and Digital Business Review, 4(2), 326–340.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Winto, F. R. (2021). Tren Fashion Dunia Berkembang Pesat di Indonesia.
Yasin, R. (2022). Eksistensi Komunitas BSLADY: Sebuah Komunikasi dan Lifestyle.
Yulcin, M. (2020). Jilbab Sebagai Gaya Hidup Wanita Modern di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 13(3), 1–14.
Yustikasari, Y., & Komala, L. (2020). Digital Marketing Public Relations Dalam Industri Fashion Indonesia. Citra:Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 22–27. https://doi.org/10.31479/citra.v6i1.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

