PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PROGRAM TAWANGARGO SMART-ECO FARMING VILLAGE (TAMENG) PT PETROKIMIA GRESIK DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI
Keywords:
pemberdayaan, smart eco farming, tawangargo, pt petrokimiaAbstract
Penelitian ini mengkaji pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat Tawangargo Smart-Eco Farming Village (TAMENG) dikelola oleh Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Petrokimia Gresik melalui perspektif komunikasi pembangunan partisipatif dengan kelompok tani Agronova Vision sebagai kelompok binaan melalui kegiatan pertanian dan pengolahan limbah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan PT Petrokimia Gresik menerapkan komunikasi pembangunan partisipatif untuk mendukung adanya partisipasi kelompok tani dalam mengelola pembangunan-pembangunan pada Program TAMENG. Partisipasi yang telah dilakukan oleh kelompok tani diantaranya mengelola greenhouse menjadi sarana uji coba penggunaan teknologi pertanian, berpartisipasi aktif dalam merumuskan pembangunan rumah pengolahan POC dan bank sampah Mutiara untuk menangani permasalahan sampah.
Downloads
References
Arifudin, O., Rusmana, F. D., Tanjung, R., & Wahrudin, U. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408–417. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4469
Aunul, S., & Handayani, F. (2021). Komunikasi Partisipatif Berbasis Gender Pada Relawan Perempuan Juru Pemantau Jentik. Jurnal Riset Komunikasi, 4(1), 98–112.
Bessette, Guy., & Rajasundaram, C. V. . (1996). Participatory development communication : a West African agenda. International Development Research Centre ; Southbound.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan (3rd ed.). Pustaka Pelajar.
Fitriawati, F., Winarti, H. T., & Saraka. (2021). Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Pada Program Corporate Social Responsibility: Kajian Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Pupuk Kompos. Learning Study: Jurnal CSR, Pendidikan, Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 133–141.
Gustiawan, A., & Aditya, R. (2022). Kampung Nanasku: Implementasi Inovasi Budidaya Tanaman Nanas oleh Kelompok Tani Mekarsari Maju Desa Sarireja. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11.
Indardi. (2016). Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat (2nd ed.). UNPAD PRESS.
Muchtar, K. (2016). Penerapan Komunikasi Partisipatif Pada Pembangunan di Indonesia. Jurnal Makna, 1(1).
Muri’ah, S. (2018). Strategi Pengembangan Pendidikan Wilayah Perbatasan (Studi Kasus pada Madrasah Ibtidaiyah Tapal Batas Sebatik dan Nunukan). FENOMENA, 10(2), 135–148. https://doi.org/10.21093/fj.v10i2.1340
Nafiah, I. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dusun Ngelorejo Melalui Pengolahan Limbah Konveksi Menjadi Kerajinan Keset Berbasis Sustainability Livelihood. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.14421/jpm.2019.032-01
Purnama, A. C., Rahayu, S. N., & DIrgantara, S. T. (2024). Achievements of Climate Smart Agriculture Practices in Horticultural Agriculture in the Tawangargo Smart Eco-Farming Village Program. Indonesia Social Resposibility Award, 2(5).
Raharjo, S. T., Humaedi, S., Wibhawa, B., & Apsari, N. C. (2019). Memetakan Tokoh Masyarakat Untuk Kegiatan CSR Partisipatif. Share : Social Work Journal, 9(1), 37. https://doi.org/10.24198/share.v9i1.20576
Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial (3rd ed.). Penerbit Refika Aditama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

