Strategi Komunikasi Interpersonal Shadow Teacher Dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Penulis

  • Chafifah Hanum Universitas Negeri Surabaya
  • Anam Miftakhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72045

Kata Kunci:

Siswa Tunagrahita, Bina Diri, Shadow Teacher, Strategi Komunikasi Interpersonal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang digunakan shadow teacher dalam meningkatkan kemampuan bina diri siswa tunagrahita di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Shadow teacher berperan penting sebagai pendamping khusus dalam proses belajar siswa berkebutuhan khusus, terutama dalam membantu siswa tunagrahita agar lebih mandiri dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shadow teacher menerapkan beberapa strategi komunikasi interpersonal, antara lain komunikasi verbal yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, komunikasi nonverbal seperti gestur dan ekspresi wajah, serta pendekatan personal yang penuh empati dan kesabaran. Selain itu, penggunaan media visual dan pemberian pujian sebagai bentuk motivasi juga menjadi bagian dari strategi yang efektif. Hambatan komunikasi yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman siswa dan kondisi emosional yang tidak stabil, namun dapat diatasi melalui pendekatan yang konsisten dan kolaborasi dengan guru serta orang tua.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang tepat dari shadow teacher sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan bina diri siswa tunagrahita. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi dalam pengembangan pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, I., & Harsiwi, N. E. (2024). Peran Guru Shadow Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Slow Learner DI SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1520-1526.

Apriyanto, D. (2014). Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Deepublish.

Asgarwijaya, D., & Prasetio, A. (2015). Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru Dan Murid Paud (Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid PAUD Tunas Bahari Dalam Kegiatan Belajar Mengajar). eProceedings of Management, 2(1).

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Ayuni, F., & Kusumastuti, G. (2023). Meningkatkan Keterampilan Merawat Diri Menggunakan Teknik Total Task Presentation Bagi Anak Tunagrahita Kelas IV di SLB Bina Bangsa Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16918-16923.

Bajari, A. (2007). Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations (11th ed.). Pearson Education.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Karisma Publishing Group.

Djkn.kemenkeu.go.id. (2022). Mengetahui Lebih Dekat Cara Berkomunikasi Yang Efektif. Diakses pada 26 Maret 2025, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tangerang1/baca-artikel/15743/Mengetahui-Lebih-Dekat-Cara-Berkomunikasi-Yang-Efektif.html.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Efendi, M. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

FARIHAH, N., & Hardew, A. K. (2023). Dinamika Komunikasi Interpersonal Guru Pendamping Dalam Proses Pembelajaran Anak Dengan Speech Delay di Sekolah Alam Aminah (Doctoral dissertation, UIN Surakarta).

Fajri, Nural. (2022). Komunikasi Efektif dalam Penyampaian Informasi Publik. Yogyakarta: Deepublish.

Fatmawati, Nurul. (2022). Peran Komunikasi dalam Mempengaruhi Perilaku Masyarakat. Malang: CV Literasi Nusantara.

Fitriyah, A. (2018). Shadow teacher: agen profesional pembelajaran Bagi siswa dengan disabilitas di SMP Lazuar di Kamila-GIS Surakarta. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Fisher, M., & Shogren, K. A. (2012). Visual supports for students with intellectual disability. TEACHING Exceptional Children, 44(6), 28–35. https://doi.org/10.1177/004005991204400603

Friend, M., & Bursuck, W. D. (2012). Including students with special needs: A practical guide for classroom teachers (6th ed.). Boston, MA: Pearson.

Khasanah, F. N., Andini, S. A., Setiawati, A., Rahmawati, M. D., & Muhtarom, T. (2025). Peran Shadow Teacher Terhadap Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Alam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(2), 1603-1612.

Kuncoro, T. (2018). Manajemen pendidikan inklusif di Indonesia: Telaah implementasi dan tantangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 137–148.

Maranata, G., Sitanggang, D. R., Pakpahan, S. H., & Herlina, E. S. (2023). Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus,(Tuna Grahita). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3).

Menteri. (2014). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kemendikbud, 1–7.

Nurlela, S., & Dunan, A. (2023). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sman 2 Bogor. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(01).

PP No. 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa.

Ramadita, M., Riyantie, M., & Barizki, R. N. (2022). Interpersonal Communication of Parents with Children with Special Needs for Tunagrahita at Slb Nur Abadi Jakarta in Forming" Self Help Skill" Character. Responsible Education, Learning and Teaching in Emerging Economies, 4(2), 57-64.

RATNASARI, T. (2023). Peran Shadow Teacher Terhadap Perkembangan Kemampuan Bina Diri Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus SD Islam Fathia) (Doctoral dissertation, Nusa Putra University).

Diterbitkan

2025-07-26

Cara Mengutip

Chafifah Hanum, & Anam Miftakhul Huda. (2025). Strategi Komunikasi Interpersonal Shadow Teacher Dalam Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo. The Commercium, 9(3), 463–470. https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72045
Abstract views: 2 , PDF Downloads: 6