PENGARUH VISUAL MERCHANDISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI JELITA COSMETIC CABANG HR. MUHAMMAD SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i3.72464Keywords:
Keputusan Pembelian, Ritel Kosmetik, Visual MerchandisingAbstract
Persaingan di industri retail kosmetik yang sedang bertumbuh pesat ini membuat para pemilik retail berlomba-lomba menentukan strategi yang tepat untuk menarik pelanggan dengan lebih efektif. Salah satu ritel moderen yaitu Jelita Cosmetic menerapkan strategi visual merchandising dalam membuka peluang untuk meningkatkan penjualannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari elemen visual merchandising terhadap keputusan pembelian pelanggan di Jelita Cosmetik HR Muhammad Kota Surabaya. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan sampel penelitian warga Kota Surabaya khususnya wanita generasi Z dan millenial yang perna berbelanja di toko fisik Jelita Cosmetic HR. Muhammad Surabaya. Adapun metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari data primer dengan membagikan link kuesioner kepada 100 responden sesuai kriteria yang telah ditentukan dan data sekunder yang bersumber dari konten podcast di platform YouTube. Analisis data pada penelitian ini melalui uji regresi linear sederhana dengan uji hipotesis menggunakan uji F. Hasil penelitian ini diketahui bahwa visual merchandising memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Jelita Cosmetic HR Muhammad Surabaya sebesar 26,8% kemudian sisanya sebesar 73,2% dipengaruhi oleh aspek lain yang bukan menjadi bagian dalam penelitian ini, sehingga diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber referensi untuk memperkaya literatur terkait pengaruh visual merchandising terhadap keputusan pembelian konsumen.
Downloads
References
Dewi, N. P. A. S. K., & Jatra, I. M. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, VISUAL MERCHANDISING, ATMOSFER GERAI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI MATAHARI DUTA PLAZA DENPASAR. 10 No. 04, 173–190. https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/index
Hanifah, A. S. (2018). ANALISIS PENGARUH NILAI ESTETIKA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN POSITIVE EMOTION DAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Kosmetik Mustika Ratu Usia 18-35 Tahun di Semarang).
Indah, F. N., & Achmad, Z. (2023). PENGARUH VISUAL MERCHANDISING DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP IMPULSE BUYING KONSUMEN PADA MINISO MALL OLYMPIC GARDEN MALANG. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9, No. 1(9).
Limanseto, H. (2024). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. www.ekon.go.id
Natalie, G. (2020). PERANAN PENTING VISUAL MERCHANDISING DALAM BRANDING FASHION BISNIS BUDAYA READY TO WEAR.
Phyu, N. A. H. (2023). MULTI-BRAND CLOTHING STORES: HOW DO CUSTOMERS MAKE PURCHASE DECISIONS?
Putri, A. R., & Achyar, A. (2019). ANALISIS PENGARUH VISUAL MERCHANDISING PADA PERILAKU IMPULSE BUYING: STUDI MEREK H&M. https://doi.org/https://doi.org/10.33555/ijembm.v6i1.105
Qonita, T. (2019). IMPLEMENTASI VISUAL MERCHANDISING SEBAGAI ALAT STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS RITEL (STUDI PADA DEPARTEMEN BAZAAR BAGIAN TRANSLIVING, TRANSMART MX MALL MALANG).
Sutarno, R. A., & Purwanto, S. (2022). Perilaku Konsumtif Generasi Z terhadap Keputusan Pembelian Produk Silverqueen di Kota Sidoarjo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 309–313. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i1.400
Yuliana, F. (2024). Pengaruh Estetika Visual dalam Video Musik K-Pop Aespa Terhadap Persepsi Merek di. Kalangan Gen-Z. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, 1(3b), 802. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1741
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

