Pengembangan Model Pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPS

  • Mya Hardianti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengembangan Model, Mindmap-Analysis-Discussion, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang layak, praktis dan efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Four D Model) terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif sebagai metode analisis datanya. Temuan menunjukkan bahwa setiap produk memenuhi persyaratan untuk menjadi layak praktis, dan efektif. Model pembelajaran MAD Penilaian RPP yaitu sebesar 100%, sedangkan penilaian LKPD 75,25%. Dari hasil persentase validasi ahli dan validasi praktisi kemudian dirata-rata dan mendapatkan nilai sebesar 87,62, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk model pembelajaran MAD yang dikembangkan berada pada kriteria sangat layak dan valid. Model pembelajaran MAD berdasarkan lembar observasi guru memperoleh persentase 85% pada tahap uji coba kelompok kecil dan 95% pada tahap uji coba kelompok besar, termasuk pada kategori praktis dan sangat praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan lembar observasi guru memperoleh persentase 85,42% pada tahap uji coba kelompok kecil dan 87,33% pada tahap uji coba kelompok besar termasuk pada kategori praktis dan sangat praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Keefektifan kelas uji coba kelompok kecil VII I memperoleh rata-rata nilai gain sebesar 0,41 termasuk kategori sedang, sedangkan kelas VII H pada uji kelompok besar, diperoleh skor sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Dengan demikian, maka model pembelajaran MAD dikatakan efektif digunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani. M, P. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 139-145.
I.G.Lanang Ambara Wiguna, A. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Hands On Mathematics Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd. 1.2.5 Banyuasri. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Khaeroni. (2021). Metodelogi Penelitian dan Pengembangan dengan Pendekatan Praktis Disertai Contoh Pengembangan Model 4D dalam Bidang Pendidikan. Banten: Media Madani.
Leonard, &. N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (Aq) Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28 no. 1, 55-64.
Lilis Nuryanti, S. Z. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155—158.
Munawaroh, I. (2021). Modul 1 Pendidikan Profesi Guru. In K. D. Pendidikan.
M.S. Hermaswari, I. L. (2021). Model Pembelajaran Rekonstruksi Sosial Berbasis Multikultural Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1-10.
Ni Luh Putu Ekayanti, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Audio-Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, 18 (2), 63-73.
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21-34.
Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23, 132-141.
Rositawati, D. N. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 74-84.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryani, S. d. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).
Valensy Rachmedita, R. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Strategi Active Sharing Knowledge. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 5, No. 1.
Hafiz, M. (2013). Research And Development; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta'dib.
Published
2022-12-31
How to Cite
Hardianti, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 1 - 12. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48997
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 88