Pengembangan Model Pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPS

Authors

  • Mya Hardianti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v2i3.48997

Keywords:

Pengembangan Model, Mindmap-Analysis-Discussion, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang layak, praktis dan efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Four D Model) terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif sebagai metode analisis datanya. Temuan menunjukkan bahwa setiap produk memenuhi persyaratan untuk menjadi layak praktis, dan efektif. Model pembelajaran MAD Penilaian RPP yaitu sebesar 100%, sedangkan penilaian LKPD 75,25%. Dari hasil persentase validasi ahli dan validasi praktisi kemudian dirata-rata dan mendapatkan nilai sebesar 87,62, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk model pembelajaran MAD yang dikembangkan berada pada kriteria sangat layak dan valid. Model pembelajaran MAD berdasarkan lembar observasi guru memperoleh persentase 85% pada tahap uji coba kelompok kecil dan 95% pada tahap uji coba kelompok besar, termasuk pada kategori praktis dan sangat praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan lembar observasi guru memperoleh persentase 85,42% pada tahap uji coba kelompok kecil dan 87,33% pada tahap uji coba kelompok besar termasuk pada kategori praktis dan sangat praktis untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Keefektifan kelas uji coba kelompok kecil VII I memperoleh rata-rata nilai gain sebesar 0,41 termasuk kategori sedang, sedangkan kelas VII H pada uji kelompok besar, diperoleh skor sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Dengan demikian, maka model pembelajaran MAD dikatakan efektif digunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hardianti, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Mindmap-Analysis-Discussion (MAD) Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.26740/penips.v2i3.48997

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 167 , PDF Downloads: 117