Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Infografis Terhadap Peningkatan Interpersonal Skill Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi

  • M. Dani Majiid Pramono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Problem Based Learning, Infografis, Interpersonal Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan Interpersonal skill siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan pembelajaran Problem_Based_Learning berbantuan Infografis dan pembelajaran umum. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental atau Eksperimen semu menggunakan desain Post-test_Only_Control_Group_Design. Jumlah subjek penelitian berjumlah 59 siswa, 29 siswa kelas kontrol (umum) dan 30 siswa kelas eksperimen (Problem Based_Learning berbantuan Infografis). Instrumen yang digunakan adalah Soal Uraian, Observasi dan Angket/kuisioner. Perolehan data dididukung dengan rata rata hasil observasi Interpersonal Skill pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen (81,6%) dengan kategori Sangat Aktif kemudian kelas kontrol (45,1%) dengan kategori Cukup. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan Uji Independent Sample T-Test, hipotesis pertama yang diperoleh menyatakan bahwa ada peningkatan nilai hasil post-test siswa setelah menggunakan pembelajaran Problem Based_Learning berbantuan Infografis diperoleh kelas eksperimen dengan nilai rata rata 84,70 dan standar deviasi 6.607 lebih tinggi dibandingkan pada kelas_kontrol yaitu 62,67 dan standar deviasi 7.394. Hipotesis kedua diperoleh nilai sig 0,003 < 0,005, dan diperoleh (df = 28) maka nilai t hitung lebih dari t tabel adalah 3.390 > 1.701,  Artinya ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Problem_Based_Learning berbantuan Infografis terhadap peningkatan Interpersonal Skill siswa.

References

Alfin, F. H., Aan, K. & Resa, R., 2020. Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. Pedadidaktika, 7(4), pp. 192-198.
Devi, T. L. & Sudarmiatin, M. Z., 2019. Perbedaan Model Problem Based Learning dan Umum terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(8), pp. 1125-1131.
Dewi, L. & Edy, P., 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 5, 1(1-7), p. 5.
Egabetha, A. Y., 2020. Interpersonal Skill : Upaya Peningkatan Sdm Unggul Dunia Pendidikan. Administrasi Profesional, 1(2), pp. 1-7.
Eka, Y. & Indra, G., 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), pp. 399-408.
Hamsi, M. & Rafiudin, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), pp. 37-48.
Haryati, S., 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Leni, A., 2012. Penerapan Metode Studi Kasus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FIS, 11(1), pp. 1-15.
Monica, A. S., 2021. Students’ Perception of Using Group Work in English Class. Journal of English Teaching , 7(1), pp. 81-88.
Nurul, A., 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), pp. 586-595.
Pertiwi, D. R. & Maria, A. D. K., 2021. The Infographic Projects in Speaking Activities. Journal of English Language and Language Teaching, 5(1), pp. 52-62.
Priyadharshini, A., 2015. Cooperative Learning: A Case Study on Teamwork through Community Service Project. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 9(12), pp. 4127-4131.
Sri, A. & M, R., 2019. Student’s Interpersonal Skills Based on Javenesse Culture’s Perspektive in 4.0.. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, pp. 51-57.
Supridjono, A., 2019. Cooperative Learning - Teori dan Aplikasi Paikem. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Turdjai, 2016. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), pp. 17-29.
Yunin, N. N., 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), pp. 125-143.
Yuravaj, M., 2017. Infographics : Tools For Designing Visualzingand Storytelling in Libraries.
Published
2022-12-31
How to Cite
Pramono, M. D. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Infografis Terhadap Peningkatan Interpersonal Skill Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 13 - 24. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/49001
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 59