Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Infografis Terhadap Peningkatan Interpersonal Skill Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan Interpersonal skill siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan pembelajaran Problem_Based_Learning berbantuan Infografis dan pembelajaran umum. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental atau Eksperimen semu menggunakan desain Post-test_Only_Control_Group_Design. Jumlah subjek penelitian berjumlah 59 siswa, 29 siswa kelas kontrol (umum) dan 30 siswa kelas eksperimen (Problem Based_Learning berbantuan Infografis). Instrumen yang digunakan adalah Soal Uraian, Observasi dan Angket/kuisioner. Perolehan data dididukung dengan rata rata hasil observasi Interpersonal Skill pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen (81,6%) dengan kategori Sangat Aktif kemudian kelas kontrol (45,1%) dengan kategori Cukup. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan Uji Independent Sample T-Test, hipotesis pertama yang diperoleh menyatakan bahwa ada peningkatan nilai hasil post-test siswa setelah menggunakan pembelajaran Problem Based_Learning berbantuan Infografis diperoleh kelas eksperimen dengan nilai rata rata 84,70 dan standar deviasi 6.607 lebih tinggi dibandingkan pada kelas_kontrol yaitu 62,67 dan standar deviasi 7.394. Hipotesis kedua diperoleh nilai sig 0,003 < 0,005, dan diperoleh (df = 28) maka nilai t hitung lebih dari t tabel adalah 3.390 > 1.701, Artinya ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Problem_Based_Learning berbantuan Infografis terhadap peningkatan Interpersonal Skill siswa.
References
Devi, T. L. & Sudarmiatin, M. Z., 2019. Perbedaan Model Problem Based Learning dan Umum terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(8), pp. 1125-1131.
Dewi, L. & Edy, P., 2016. Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 5, 1(1-7), p. 5.
Egabetha, A. Y., 2020. Interpersonal Skill : Upaya Peningkatan Sdm Unggul Dunia Pendidikan. Administrasi Profesional, 1(2), pp. 1-7.
Eka, Y. & Indra, G., 2019. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), pp. 399-408.
Hamsi, M. & Rafiudin, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), pp. 37-48.
Haryati, S., 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Leni, A., 2012. Penerapan Metode Studi Kasus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FIS, 11(1), pp. 1-15.
Monica, A. S., 2021. Students’ Perception of Using Group Work in English Class. Journal of English Teaching , 7(1), pp. 81-88.
Nurul, A., 2019. Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), pp. 586-595.
Pertiwi, D. R. & Maria, A. D. K., 2021. The Infographic Projects in Speaking Activities. Journal of English Language and Language Teaching, 5(1), pp. 52-62.
Priyadharshini, A., 2015. Cooperative Learning: A Case Study on Teamwork through Community Service Project. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 9(12), pp. 4127-4131.
Sri, A. & M, R., 2019. Student’s Interpersonal Skills Based on Javenesse Culture’s Perspektive in 4.0.. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, pp. 51-57.
Supridjono, A., 2019. Cooperative Learning - Teori dan Aplikasi Paikem. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Turdjai, 2016. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), pp. 17-29.
Yunin, N. N., 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), pp. 125-143.
Yuravaj, M., 2017. Infographics : Tools For Designing Visualzingand Storytelling in Libraries.
Copyright (c) 2022 M. Dani Majiid Pramono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PDF Downloads: 59