Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Microsoft Teams pada Pelajaran IPS Kelas VII Materi Kehidupan pada Masa Islam

  • Muhammad Khoiril Anwar Universitas Negeri Surabaya
Keywords: hybrid learning, microsoft teams, IPS

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Surabaya di masa pandemi dengan tujuan penelitian yaitu, mengetahui perbedaan pembelajaran hybrid learning menggunakan aplikasi microsoft teams terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS kelas VII materi kehidupan pada masa islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal tes akhir kelompok tunggal). One group pretest-posttest design adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan (treatment), setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (posttest). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 36 siswa, 19 lak-laki dan 17 perempuan. Sebelum di uji hipotesis data yang digunakan harus melalui uji prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas.Yang berarti data harus berdistribusi normal maka dari itu perlu adanya uji normalitas, berdasarkan ui normalitas shapiro wilk menggunakan SPSS versi 21 data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas dan data bersifat homogen. Apabila data berdistribusi normal dan homogen maka pengujian selanjutnya adalah uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan yaitu paired sample t test yang menunjukkan nilai Sig.(2 tailed) senilai 0,00. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan pembelajaran hybrid learning menggunakan aplikasi microsoft teams terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS materi kehidupan pada masa islam. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) 71.94  dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (posttest) 85.28 yakni berbeda sebesar 13,33.

 

Kata Kunci: hybrid learning, microsoft teams, IPS

References

Adinda Rahmi Putri, M. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3119-3126.
Afrianto, D. S. (2020). Panduan Pembelajaran Hybrid. Bogor: Direktorat Pendidikan NFBS.
Aldi, D. P., & Kundharu, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Microsoft Office Team 365 untuk SMA di Masa Pandemi. Lingua, 16-26.
Arikunto, S. (2010). Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Edy, S., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan Tanggung Jawab Sosial SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2.
Endayani, & Henni. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FITK UIN SU Medan, 1-2.
Hasan, I. (2006). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemdikbud. (2020). SE Kemendikbud Menteri Nomor 4 Tahun 2020.
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 88-95.
Putra, I. A. (2015). Orientasi Hybrid Learning Melalui Model Hybrid Learning dengan Bantuan Multimedia di Dalam Kegiatan Pembelajaran. Eduscope, 36-42.
Riyanda, A. R. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BASICEDU, 4461 - 4469.
Sudarmanto, R. G. (2013). Statistik Terapan Berbasis Komputer : Dengan Program IBM SPSS Statistics 19. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning dalam PTM Terbatas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472-481. doi:10.5281/zenodo.5681376
Yuliati. (2014). Strategi Pembelajaran IPS Melalui Metoda Kooperatif Multi Level Studi Kasus. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang , 70-71.
Published
2022-12-31
How to Cite
Anwar, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Microsoft Teams pada Pelajaran IPS Kelas VII Materi Kehidupan pada Masa Islam. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 34 - 43. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/49125
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 66