The Influence of Self Efficacy on the Learning Outcomes of Class VIII Students in Social Studies Subjects at SMPN 27 Surabaya

  • Nurul Qomariah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Self-efficacy based on the experience of other people's success, Self-efficacy stems from success in completing tasks on time and excellent results, Social studies learning outcomes

Abstract

Goal of the study was to ascertain how self-efficacy affected students' learning in social studies classes at SMPN 27 Surabaya. Ex post facto quantitative research is the style used two independent variables Selfefficacy based on the experience other people's success and Selfefficacy based on success in completing assignments on time and excellent, variables depending on students' social studies learning outcomes class VIII. The population used this students of class VIII SMPN 27 Surabaya, 308 students. Stratified proportional sampling utilized in the sampling procedure and Slovin, total 39 students with data collection form questionnaires and social studies learning tests. Data analysis with partial correlation and multiple regression test with SPSS 21.0 the results, First hypothesis self-efficacy based on the experience of others' achievement influences the social studies learning outcomes of class VIII pupils of the results of 2,517 and sig 0.016. Second Hypothesis Self-efficacy results from finishing tasks on time and performing very well on social studies learning outcomes for class VIII pupils 4,380 and sig 0,000. Third Hypothesis an f count of 50,909 and sig 0.000.

 

 

References

Ahriana, Yani, A., & Ma'ruf. (2016). Studi analisis hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIASMA Negeria 1 Takalar. Jurnal pendidikan Fisika, 4.

Apriliani. (2019). pengaruh self efficacy, habit of mind dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah Tallo. skripsi, 1-114.

Astuti, R., & Gunawan, W. (2016). Sumber-sumber efikasi diri karier remaja (sources of career self-efficacy on adolescents). jurnal psikogenesis, 4(2), 141-151.

Barakatu, A. R. (2007). Mmembangun motivasi berprestasi: pengembangan self efficacy dan penerapannya dalam dunia pendidikan. lentera pendidikan, 34-51.

Cahyani, N., & Winata, H. (2020). Peran efikasi dan disiplin diri dalam peningkatan hasil belajar siswa. jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 5(2), 234-249.

Cendanawati, T. W., & Suranata, K. (2018). pengaruh model social learning terhadap hasil belajar IPS. mimbar PGSD UNDIKSHA, 6(2), 145-152.

Ermannudin. (2021). Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 7 Kerinci. Jurnal Ilmiah Dedikaya, 11(2), 201-214.

Hanifah, U., Joharman, & Suhartono. (2020). Hubungan antara lingkungan keluarga dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Sekecamatan Ambal tahun ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 7-11.

Harahap, D. (2016). Analisis hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar kimianya. 42-53.

Haryanti, S. (2021). Statistika dasar untuk penelitian jilid 1 dengan aplikasi SPSS: pada bidang pendidikan, sosial dan kesehatan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Hasanah, U., Dewi, N. R., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). PRISMA, 2, 551-555.

Hasanah, W., & Affandi, L. H. (2020). penerapan strategi modeling dengan media pasir untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf siswa berkebutuhan khusus di kelas 1 SDN Repok Puyung. Seminar nasional pendidikan inklusif PGSD UNRAM, 104-111.

Jendra, A. F., & sugiyo. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Presentasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. 4 (1), 142.

Jumriani, Rahayu, Abbas, E. W., Mutiani, Handy, M. R., & Subiyakto, B. (2021). Kontribusi mata pelajaran IPS untuk penguatan sikap sosial pada anak tunagrahita. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4651-4658.

Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Kurniawati, H., & Liana, C. (2022). Pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MAN 1 Bojonegoro. AVATARA: e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(1), 1-10.

Laksmi, P. P., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 83-94.

Lesilolo, H. J. (2018). penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS, 4 (02), 186-202.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi Bloom dalam pendidikan. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 132-139.

Maulana, A. (2020). upaya guru dalam meningkatkan self efficacy siswa di kelas IV MIN 1 Yogyakarta. tesis, 1-126.

Mawaddah, H. (2019). Analisis Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Unimal. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 2 (2), 20.

Niatama, N. (2019). Peningkatan belajar keragaman aspek keruangan dan konektivitas dalam keberlanjutan kehidupan manusia dengan menggunakan model pembelajaran window shopping two stay two stray pada siswa kelas VI semester I SD Negeri 1 Tirtomoyo. Jurnal Pendidikan Konveregensi, VI(29), 95-110.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (the impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes). JOTE: Journal on Teacher Education, 1(2), 26-32.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri terhadap proses dan hasil belajar matematika. Journal of Teacher Education, 1 (2), 30.

Nur, Y. (2021). Pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 28 Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Oktariani. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Koginisi Jurnal, 3(1), 51.

Pratiwi, N. (2013). pengaruh vicarious experience terhadap self efficacy berwirausaha pada siswa smk negeri 2 salatiga. Naskah Publikasi, 1-9.

Purwanti, A. (2018). Keefektifan konseling kelompok untuk meningkatkan self efficacy akademik siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 1-8.

Putri, F. A., & Fakhruddiana, F. (2018). Self-efficacy guru kelas dalam membimbing siswa slow learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1-8.

Putri, N. E., Kartikowati, S., & Haryana, G. (2019). the effect of self efficacy on student learning achievements in social studies subject at the grade VIII SMPN 2 Tembilahan Hulu. JM FKIP, 6.

Ramdhany, M. A., Setiawan, Y., Hardiana, R. D., & Sobandi, A. (2020). Penguatan keterampilan abad ke-21 dan pengembangan efikasi diri mahasiswa pendidikan akuntansi. JPAK: Jurnal Pendidikan Akutansi dan Keuangan, 8(2), 211-222.

Rustika, I. M. (2012). Efikasi diri: Tinjauan teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(12), 18-25.

Saputra, E. T. (2020). Relationship of self-effication and learning motivation with IPS learning results. Jurnal Primagraha, 01(01), 1-11.

Sari, D. P., Yana, & Wulandari, A. (2021). Pengaruh self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa MTs al-khairiyah mampang prapatan di masa dpandemi covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 13 .

Semiun, Y. (2020). Teori-teori kepribadian behavioristik. Yogyakarta: PT Kanisius.

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh efikasi diri (self efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(1), 62-70.

Sihhaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 (1), 68.

Siregar, S. (2017). Metode pemilihan kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Soetjipto, N. (2016). self efficacy training dan peningkatan Adversity quotient pada tenaga pemasaran. yogyakarta: K-media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar IPS. Edutecno: Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan, 18(2), 1-19.

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.

Sya'ban, M. B. (2018). Tinjauan mata pelajaran IPS SMP pada penerapan pendidikan lingkungan hidup untuk peduli akan tanggung jawab lingkungan. Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan (JGEL), 2(1), 32-44.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS menjawab tantangan abad 21: sebuah kritik atas praktik pembelajaran ips di sekolah dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185-196.

Widowati, R., & Raushanfikri, A. (2020). Pengembangan skala efikasi diri untuk kesehatan kerja (SEDKK): studi pendahuluan. PSIKOLOGIKA, 25(2), 185-214. doi:https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art3

Yoenanto, N. H. (2012). hubungan antara self-regulated learning dengan self efficacy pada siswa akselerasi sekolah menengah pertama di jawa timur. INSAN, 12(2), 88-94.

 
Published
2022-12-31
How to Cite
Qomariah, N. (2022). The Influence of Self Efficacy on the Learning Outcomes of Class VIII Students in Social Studies Subjects at SMPN 27 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 44 - 56. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/49143
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 331