Respon Terhadap Pembelajaran IPS Berbasis Whatsapp dan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMPN 58 Surabaya

  • Yunarko Aji Saputro Universitas Negeri Surabya
Keywords: Pembelajaran Daring, Respons, Covid - 19, Media, Whatsapp, Efikasi Diri, Siswa

Abstract

Virus Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan dikarenakan betapa mudahnya virus ini menyerang tubuh manusia. Seperti yang diketahui pemerintah telah mengeluarkan peraturan baru sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sempat terjadi tenggang waktu dimana kegiatan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan, walaupun begitu pembelajaran atau bisa disebut sebagai proses pemberian pendidikan harus tetap dilakukan. Oleh sebab itu dikarenakan Pendidikan adalah salah satu factor yang sangat penting pemerintah mengambil tindakan untuk melaksanakan pembelajaran secara online atau daring. Walaupun pembelajaran daring telah dilaksanakan, dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak halangan yang terjadi. Oleh sebab itulah peneliti melakuakn penelitian dengan tujuan untuk menganalisis respons siswa terhadapa pembelajaran daring berbasis media whatsapp berdasarkan pengalaman belajar selama masa pandemic covid 19 dan bagaimana kondisi efikasi diri siswa selama pembelajaran. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk memaparkan, dan menjelaskan kondisi pembelajaran mata pelajaran IPS selama masa pandemi covid-19 yang telah berjalan satu semester sampai sekarang, sehingga akan menggunakan metode kualitatif. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana hukum sebab akibat yang terjadi selama pembelajaran, namun karena hal ini telah terjadi dan tidak diperlukan untuk diberikan perlakuan maka penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis whatsapp pada materi kompetensi dasar 3.1 memiliki kriteria sangat kuat pada aspek penerimaan mereka dalam penggunaan media whatsapp dan kondisi efikasi diri siswa selama pembelajaran berbasis media whatsapp, disimpulkan sangat tinggi.

References

Aan Putra, & Fitrisa Syelitiar. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 23–31.
Agus Suprijono M.Pd. (2017). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Albert Bandura. (1997). Self Efficacy : The Exercise of Control. W.H Freeman and Company.
Alqahtani, M., Bhaskar, V., Elumalai, K. V., & Abumelha, M. A. (n.d.). Task-based Language Learning and Teaching: Theories and Applications View project. https://doi.org/10.31235/osf.io/j4vr9
Amalia Nur Latifa. (2014). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK PADA TES TERTULIS AKUNTANSI SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK SE-KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Budiyanti, R. T., Permata Ganggi, R. I., & Herlambang, P. M. (2021). Penggunaan WhatsApp Grup Sebagai Media Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Smart Society Empowerment Journal, 1(2), 42. https://doi.org/10.20961/ssej.v1i2.49666
Diningsih, R., Haryanto, E., & Sulistiyo, U. (n.d.). PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA SAAT PANDEMI CORONAVIRUS DI KELAS V SDN 169/X PANDAN MAKMUR. In Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas (Vol. 6, Issue 1).
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Hoechsmann, M., & Poyntz, S. R. (2012). Media Literacies. Wiley. https://doi.org/10.1002/9781444344158
Kifle Kassaw, & Melese Astatke. (2017). Gender, Academic Self-Efficacy, and Goal Orientation as Predictors of Academic Achievement. Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: A Arts & Humanities - Psychology, 17(6), 55–65.
Kula, S., & Taşdemir, M. (2014). Evaluation of Pre-service Teachers’ Academic Self-efficacy Levels in Terms of Some Certain Variables. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 686–690. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.120
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sofyana, L., & Rozaq, A. (n.d.). PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI BERBASIS WHATSAPP PADA KELAS KARYAWAN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI MADIUN (Vol. 8).
Sri Wening. (2012). Pemanfaatan Umpan Balik Untuk Peningkatan Hasil Belajar Dalam Pendidikan Kejuruan. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin , 350–358.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Published
2022-12-31
How to Cite
Saputro, Y. (2022). Respon Terhadap Pembelajaran IPS Berbasis Whatsapp dan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMPN 58 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 57 - 65. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/49182
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 43