Hubungan Antara Tingkat Keterampilan Sosial Dengan Hasil Belajar Materi Mobilitas Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 47 Surabaya

  • Denny Surya Putri Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: keterampilan sosial, hasil belajar, mobilitas sosial.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan sosial pada peserta didik SMPN 47 Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru pengampu mata pelajaran IPS di lingkungan sekolah, didapati 55% peserta didik mempunyai keterampilan sosial yang rendah dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat keterampilan sosial dengan hasil belajar materi mobilitas sosial pada peserta didik di SMP Negeri 47 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil 5 peserta didik di setiap kelas dari kelas VIII-A sampai VIII-G. Instrumen tes yang digunakan ialah lembar pengamatan untuk mengetahui hasil tingkat keterampilan sosial dan lembar tes untuk mengetahui hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian berdasarkan uji korelasi didapatkan hasil nilai kekuatan korelasi sebesar 0,825 termasuk kedalam range kekuatan sangat kuat. Signifikansi 0,015 < 0,05 terdapat korelasi yang bermakna antara dua variabel yang diuji. Arah korelasi positif atau searah, semakin besar nilai suatu variabel, semakin besar nilai variabel lainnya.

References

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta .
Dahlan. (2016). Statistik Untuk Kedokteran. Jakarta : Salemba Medika .
Ginanjar, A. (2019). Penguatan Peran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik . Harmony , 139.
Kinanti, L. (2019). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua-Remaja Dengan Keterampilan Sosial Remaja . Psikologi, 95.
Made, P. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model TGT Di SMP Negeri 1 Secang. Harmoni Sosial , 157.
Ningrum, E. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan . Jurnal Pendidikan , 34.
Nugraini, I. (2016). Keterampilan Sosial Menjaga Kesejahteraan Psikologis Penggunaan Internet. Jurnal Psikologi, 43.
Putri, S. D. (2016). Keterampilan Sosial Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Tahfidz. Psikologi Integratif, 90.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Madrasah Ibtidaiyah, 5.
Rahmaniah, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Pendidikan Dasar. Madrasah, 55.
Shalma. (2020). Keterampilan Sosial Siswi SMP Negeri Dua Undaan Kabupaten Kudus . Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 57.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : Alfabeta .
Ulum, C. (2018). Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Pendidikan Dasar Islam, 87.
Umami, I. (2020). Upaya Guru IPS Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di MTs Rogojampi Banyuwangi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 78.
Yusuf, M. (2018). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS. Tunas Bangsa, 98.
Published
2022-12-31
How to Cite
Putri, D. (2022). Hubungan Antara Tingkat Keterampilan Sosial Dengan Hasil Belajar Materi Mobilitas Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 47 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 66 - 75. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/49242
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 84