Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran Ips Berbasis Profil Pelajar Pancasila

  • Muhammad Ariful Bahri Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: Kearifan Lokal, Profil Pelajar Pancasila, Sumber Pembelajaran IPS.

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji nilai-nilai dalam kearifan lokal tradisi peringatan haul sesepuh Dusun Tambak Desa Tambaksumur yang kemudian diimplementasikan sebagai sumber pembelajaran IPS berbasis profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode etnopedagogi. Lokasi penelitian berada di Dusun Tambak Desa Tambaksumur, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Data dalam penelitian ini meliputi data primer yakni tinjauan prosesi tradisi peringatan haul sesepuh Dusun Tambak, dan data sekunder yakni telaah literatur berupa dokumen-dokumen atau jurnal yang relevan dengan tinjauan prosesi tradisi peringatan haul sesepuh. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi langsung dilapangan, serta telaah literatur artikel dan jurnal ilmiah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kearifan lokal tradisi peringatan haul sesepuh terkandung nilai-nilai yang dapat dikaji dari perspektif profil pelajar Pancasila, diantaranya yakni (1) Beriman, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, (2) Bernalar kritis, (3) Mandiri, (4) Berkebhinnekaan global, (5) Gotong royong, dan (6) Kreatif. Nilai-nilai tersebut kemudian dapat diimplementasikan kedalam sumber pembelajaran IPS dengan memperhatikan capaian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kurikulum 2013.

References

Amin, S. M. (2020). Tradisi Haul Memperingati Kematian Di Kalangan Masyarakat Jawa (Kajian Antropologi) . Jurnal Studi Islam, 80-92.
Bertens, K. (2013). Etika. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokalpada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Sosio Didaktika, 211 - 218.
Fadilah, dkk. (2021). Pendidikan Karakter. Bojonegoro: CV. AGRAPANA MEDIA.
Widyanti & Nurul Faridah (2016). Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. DIMENSI: Jurnal Sosiologi, 87-92.
Fuad, A. J. (2013). Makna Simbolik Tradisi Nyadran. DINAMIKA, 1-13.
Hidayat, F. A. (2020). Menyemai Harmoni Sosial dalamTradisi Haul Di Desa Ujung-Ujung Kecamatan Pabelan-Semarang. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 205-2013.
Inawati, A. (2014). Peran Peempuan dalam Mempertahankan Kebudayaan Jawa dan Kearifan Lokal. Musawa, 196-197.
Kusnul Khatimah, d. (2021). Upaya Perwujudan Nilai-Nilai pada Siswa melalui Upacara Grebeg Pancasila di Kota Blitar. PACIVIC (Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), 1-12.
Maridi. (2015). Mengangkat Budaya dan Kearifan Lokal dalam Sistem Konservasi Tanah dan Air. Pendidikan Biologi FKP UNS, 20-39.
Mustolehudin. (2014). Merawat Tradisi Membangun Harmoni: Tinjauan Sosiologis Tradisi Haul dan Sedekah Bumi di Gresik. Jurnal Multikultural & Multireligius, 22-35.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 51-64.
Setiawan, Z. (2007). Nasionalisme NU. Semarang: Aneka Ilmu.
Setyawan, K. G. (2014). Kerukunan Antar Umat Beragama: Studi tentang Peran Kearifan Lokal dalam Mengelola Kerukunan Antarumat Beragama di Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Surabaya: FISIP Universitas Airlangga: Tesis Tidak Diterbitkan.
Shofiatun Ni'mah, d. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Di Smp Negeri Jepara). SOSIOLIUM, 1-8.
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, 173-179.
Widyanti, T. (2015). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Budaya Masyarakat Kampung Adat Cireundeu sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 161-166.
Yatim, B. (2018). Sejarah Peradaban Islam. Depok: Rajawali Press.
Yunus, R. (2014). Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Local Genius) sebagai Penguat Karakter Bangsa. Yogyakarta: Deepublish.
Published
2022-12-31
How to Cite
Bahri, M. (2022). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Peringatan Haul Sesepuh Sebagai Sumber Pembelajaran Ips Berbasis Profil Pelajar Pancasila. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 2(3), 76 - 91. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/49287
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 232
PDF Downloads: 472