PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA FILM PENDEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALISME KELAS VIII DI SMP LABSCHOOL UNESA 2 SURABAYA
Keywords:
Ilmu Pengetahuan Sosial, Problem Based Learning, Film PendekAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media film pendek terhadap hasil belajar IPS materi Masa Kolonialisme dan Imperialisme di SMP Labschool Unesa 2 Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen, melibatkan kelas VIII-A sebagai kontrol dan VIII-B sebagai eksperimen yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan Paired Sample t-test, Independent Sample t-test, dan N-Gain Score dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-Gain Score 70 (kategori tinggi), serta perbedaan signifikan hasil posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis media film pendek efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS untuk memberikan peningkatan dalam hasil belajar IPS.
Downloads
References
Afifah, S. N., Komalasari, K., Disman, D., & Malihah, E. (2022). Pembelajaran Ips Berbasis Blended Learning Sebagai Upaya Memenuhi Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(3), 4289-4298.
Aji, R. H. (2020). Implementasi Model Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik SMP. Jakarta: Rajawali Press.
Amir, M. T. (2019). Inovasi Pembelajaran melalui Problem-Based Learning. Jakarta: Kencana
Astuti, R. (2021). “Pemanfaatan Media Film Pendek dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Kolonialisme dan Imperialisme.” Jurnal Inovasi Pendidikan Sosial, 9(1), 34-5
Bahri, A. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi dalam Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Budiyanti, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21. Journal of Education Research, 4(4), 2471–2479.
Faliyandra, etc.(2022), Literasi Digital sebagai Media Pengembangan Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. 161 | Al-Ibtidaiyah, Volume 3 Nomor 2, Juli
Damayanti, N. A. (2024). Peran Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas Rendah Upaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 14-14.
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). critical thinking dan problem solving dalam pembelajaran ips untuk menjawab tantangan abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12-28.
Lathifah, A. S. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Konstruktivisme: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 69–76.
Nurhayati, S., Fitri, A., Amir, R., & Zalisman, Z. (2024). Analysis of the implementation of training on digital-based learning media to enhance teachers’ digital literacy. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 545-557.
Santoso, H. B., & Subagyo, S. (2017). Peningkatan aktifitas dan hasil belajar dengan metode Problem Basic Learning (PBL) pada mata pelajaran tune up motor bensin peserta didik kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi, 5(1), 40–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lolita Salsabilla Widiyanti Wiwik Krisnowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 9
,
PDF Downloads: 2
