PENERAPAN TIGA MOTIF KAIN TRADISIONAL PADA BUSANA WANITA DENGAN TEMA TRANSCULTURAL PADA AJANG MALANG FASHION WEEK 2023
DOI:
https://doi.org/10.26740/baju.v5n1.p89-98Kata Kunci:
Busana, Motif, TransculturalAbstrak
Indonesia memiliki berbagai warisan budaya. Salah satu warisan nenek moyang yang masih
dilestarikan hingga saat ini adalah kain wastra. Kain wastra meupakan salah satu karya seni
yang dituangkan pada motif-motif kain yang dibuat secara tradisonal. Pada penelitian ini
terdapat tiga motif kain wastra Indonesia yang berbeda-beda yang diterapkan pada sebuah
produk berupa busana wanita. Kain wastra yang digunakan antara lain Batik Parang, Jumputan,
dan Lurik. Tujuan dari pembuatan busana ini adalah untuk mengetahui bagaimana
mengkombinasikan tiga motif kain yang berbeda pada busana sehingga terlihat serasi. Metode
yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah penciptaan karya. Pembuatan busana
dilakukan dengan tiga tahapan yakni penentuan konsep, menggabar desain, dan menjahit
busana. Busana yang dihasilkan terdiri dari empat item yang pada bagian blazer menggunakan
Kain Jumputan dan celana menggunakan dua motif yakni Batik Parang dan Lurik.
Unduhan
Referensi
Dewi, R. 2022. BUSANA DASAR. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Grimsgaard, W. 2023. Design and Strategy. New York: Routledge.
Hendriyana, H. 2019. RUPA DASAR (NIRMANA) . Yogyakarta: Andi Offset.
Kusrianto, A. 2021. Motif Batik Klasik Legendaris dan Turunannya. Yogyakarta: Penerbit
Andi.
Narwastu, L. A., & Purnomo, A. D. 2023, Maret. Padu Padan Wastra Indonesia Pada
Kreativitas Gen Z. CandraRupa: Journal of Art, Design, and Media. DOI:
10.37802/candrarupa.v2il.324
Pandanwangi, A. 2021. Peradaban Batik. Gorontalo: Ideas Publishing.
Ramadhanty, A., Chandra, N., Ardianto, E., & Budiman, A. 2023. Simbol dan Makna Berkain.
Kajian Branding Indonesia. DOI: 10.21632/kbi.5.2.127-139
Setiawan, D. 2022. SENI KRIYA NUSANTARA. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Sugiyono. 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung:
ALFABETA.
Tanzil, M. Y. 2021. FASHIONPRENEUR 101. Surabaya: Penerbit Universitas Ciputra.
Yusuf, K., & Jaelani, A. Q. 2022. Gerakan Rasa Wastra Indonesia.Konvergensi : Jurnal Ilmiah
Ilmu Komunikasi, 3(2), 333-347. Dari
https://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/709
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

