Penciptaan Busana Ready to Wear dengan Motif Gendang Beleq dan Rumah Bale
DOI:
https://doi.org/10.26740/baju.v5n2.p241-251Kata Kunci:
busana ready to wear, digital printing tekstil, gendang beleq, rumah baleAbstrak
Gendang Beleq dan Rumah Bale Lumbung merupakan kesenian dan rumah adat tradisional yang menjadi ciri khas suku Sasak Lombok. Penulis mengangkat Gendang Beleq dan Rumah Bale Lumbung sebagai sumber ide dan diwujudkan sebagai motif digital printing dengan maksud untuk tetap melestarikan dan memperkenalkan kesenian adat dan budaya yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian penciptaan: (1) Dapat mendesain motif digital printing dengan sumber ide Gendang Beleq dan Rumah Bale Lumbung untuk diterapkan pada busana ready to wear. (2) Dapat mewujudkan penerapan desain motif printing Gendang Beleq dan Rumah Bale Lumbung untuk busana ready to wear. (3) Dapat menjelaskan proses pembuatan busana ready to wear dengan motif Gendang Beleq dan Rumah Bale Lumbung. Penelitian menggunakan metode penciptaan karya yaitu Practice-led Research oleh Husen Hendriyana yang terdiri dari empat tahapan yaitu praperancangan, perancangan, perwujudan dan penyajian karya. Hasil penelitian menyatakan: (1) Motif digital printing digambar menggunakan software Coreldraw bergaya Flat Design yang lebih fokus pada konten. (2) Tampilan motif digital printing ditempatkan pada outer badan depan belakang serta bawah celana. (3) Proses pembuatan busana mengikuti metode penelitian penciptaan karya.
Unduhan
Referensi
Andarini, W. N, & Rosmiati, A. (2021). Fungsi dan Makna Point of Interest dalam Unsur Grafis pada Label Makanan Tradisional Getuk Goreng di Sokaraja. Journal of Advertising and Visual Communication, 2(2), 113-128.
Daud, A.E., Dahlan, & Sumardi, L. (2022). Makna dan Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pertunjukan Kesenian Alat Musik Tradisional Gendang Beleq. Jurnal Seni Musik, 11(2), 40-58. https://doi.org/10.24114/grenek. v11i2.38691
Fazalani, R. (2020). Kesenian Gendang Belek Masyarakat Suku Sasak sebagai Budaya Tradisional. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 256–268.
Fitinline. (2017). Seperti Apa Karakteristik Kain Satin Bridal Itu, (Online), (https://fitinline.com/article/read/seperti-apa-karakteristik-kain-satin-bridal-itu/), diakses 2 September 2024.
Fitinline. (2021). 10 Keunggulan Kain Bsy dibanding Kain Poliester Lainnya, (Online), (https://fitinline.com/article/read/10-keunggulan-kain-bsy-dibanding-kain-poliester-lainnya/), diakses 2 September 2024.
Hendriyana, H. (2021). Metodologi Penelitian Penciptaan Karya. Yogyakarta: ANDI
Mansyur, Z. (2019). Kearifan Sosial Masyarakat Sasak Lombok dalam Tradisi Lokal. NTB: Sanabil Publishing.
Nopiyani & Wiana, W. (2020). Desain Aplikasi Seni Pop Art pada Busana Ready to wear dengan Teknik Digital Printing. Jurnal Tanra Desain Komunikasi Visual, 7(2), 112-121. http://dx.doi.org/10.26858/tanra.v7i2.13950
Sahira, E., Sumardi, L., Sawaludin, S., & Zubair, M. (2023). Nilai dan Makna dalam Kearifan Lokal Rumah Adat Suku Sasak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2594–2604. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1698
Waddell, G. (2004). How Fashion Works. UK: Blackwell Publishing Company.
Wir’aeni, R. (2017). Nilai Edukatif pada Arsitektur Rumah Adat Bale Sasak di Dusun Limbungan Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 167–175. https://journal.student.uny.ac.id/index. php/serupa/article/viewFile/6313/6090
Zuhdi, M. H. (2018). Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Model Pengelolaan Konflik di Masyarakat Lombok. Mabasan, 12(1), 64–85. https://doi.org/ 10.26499/mab.v12i1.3
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

