PENCIPTAAN DESAIN KEBAYA BERGAYA FUNKY BERTEMA “ KEBAYA AROUND THE WORLD “ DENGAN INSPIRASI BAR JACKET

Penulis

  • Argi Dwi Kuncoro Universitas Negeri Surabaya
  • Deny Arifiana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/baju.v5n2.p252-261

Kata Kunci:

desain, penciptaan, kebaya, funky, bar jacket

Abstrak

Tujuan penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan proses dan hasil penciptaan desain kebaya bergaya funky bertema “ kebaya around the world “ dengan inspirasi bar jacket. Penelitian termasuk penelitian penciptaan, yang menggunakan metode Practice- Ied Research, yang terdiri dari 4 tahap yang meliputi (1) eksplorasi, (2) proses perancangan, (3) perwujudan karya , dan (4desiminasi karya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses dari penciptan desain kebaya funky dengan tema kebaya around the world yang terinspirasi dari siuet bar jacket melputi eksplorasi sumber ide, membuat desain alternatif, perwujudan karya hingga desiminasi karya berupa penyajian memalui display manekin dan diperagakan oleh peragawati sesuai dengan teori practice-led research. hasil penciptaan berupa 1  set desain dan hasil jadi busana siap pakai berupa kebaya,celana,dan aksesoris bergaya funky dengan tema kebaya around the world.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cambridge University Press. (n.d.). CambridgeAcademic Content Dictionary. Retrieved May 5, 2024, from https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/funky

Cheung, & Chandra, V. (2014). Perancangan Interior Galeri Kebaya Modern di Surabaya. Jurnal Intra, 2(2), 668–677. http://publication.petra.ac.id/index.php/desain-interior/article/view/2078/1870

Crilly, C. (2018). National Gallery of Victoria and the House of Dior, The House of Dior: Seventy Years of Haute Couture, National Gallery of Victoria, Melbourne, Victoria. History Australia, 15(1), 173–175. https://doi.org/10.1080/14490854.2018.1417665

Maulana, D. (2021). Kisah Kebaya. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nagata, T., & Sunarya, Y. Y. (2023). THE DEVELOPMENT OF CONTEMPORARY KEBAYA AS CULTURAL TRANSFORMATION. 5(2), 239–254.

Paputungan, N., Husna, A., Islam, F. A., & Palu, U. M. (2020). Fenomena Jilbab Funky ( Jilbab Gaul ) di Kalangan Remaja Desa Samalili Kecamatan Sojol The Funky Hijab Phenomenon ( Jilbab Gaul ) among Youths in Samalili Village , Sojol District. 15, 79–83.

Radieva, K. (2019). an Investigation of the Silhouettes of Christian Dior. Applied Researches in Technics, Technologies and Education, 7(3), 167–178. https://doi.org/10.15547/artte.2019.03.002

Sariyati, I. (2013). Kebaya Dalam Arena Kultulral. Corak, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.24821/corak.v2i2.2339

Suzie Handajani. (2023). Kebaya dan Wacana Pelestarian. Lembaran Antropologi, 2(2), 136–152. https://doi.org/10.22146/la.12421

Vincent, R. (2014). Funk: The Music, The People, and The Rhythm of The One. St. Martin’s Publishing Group.

Diterbitkan

2024-12-16

Cara Mengutip

Kuncoro, A. D., & Arifiana, D. (2024). PENCIPTAAN DESAIN KEBAYA BERGAYA FUNKY BERTEMA “ KEBAYA AROUND THE WORLD “ DENGAN INSPIRASI BAR JACKET. BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 5(2), 252–261. https://doi.org/10.26740/baju.v5n2.p252-261

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 141 , PDF Downloads: 100