PENERAPAN MOTIF BATIK BERPOLA KOMBINASI BATIK TULIS REMEKAN PADA JAKET BOMBER DENGAN SUMBER IDE IKAN KOI

Penulis

  • Tri Hariyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Wahyuningsih Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Batik Tulis, Batik Remekan, Sumber Ide Ikan Koi, Batik Berpola, Jaket Bomber

Abstrak

Abstrak

Penelitian bertujuan mengembangkan motif batik berpola melalui kombinasi teknik batik tulis dan remekan pada busana jaket bomber. Ide utama berasal dari ikan koi sebagai simbol kekayaan dan kekuatan serta ikon khas Kota Blitar. Proses perancangan dengan metode penciptaan tiga tahap menurut Gustami SP, yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Eksplorasi dilakukan melalui studi visual terhadap ikan koi, bunga teratai, dan elemen pendukung lainnya yang kemudian dikembangkan menjadi motif batik. Tahap perancangan menghasilkan  6 desain motif pada jaket, dan kain yang disesuaikan dengan pola jaket bomber berukuran 250 x 115 cm. Desain terpilih diwujudkan melalui teknik batik tulis dan remekan. Proses produksi meliputi pewarnaan, pelorodan, pemotongan bahan, dan penjahitan hingga menjadi busana utuh. Hasil karya menunjukkan perpaduan antara nilai seni tradisional dan desain kontemporer. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kepada 50 responden untuk menilai pemilihan motif serta penilaian hasil aspek analisis desain, motif, warna, dan hasil akhir. Mayoritas responden menyatakan karya memiliki daya tarik visual tinggi. Karya ini menjadi inovasi batik modern dan mendorong minat generasi muda pada budaya lokal.

Kata Kunci : Batik Tulis, Batik Remekan, Sumber Ide Ikan Koi, Batik Berpola, Jaket Bomber.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeni, T., & Shafitri, S. (2020). Analisa Strategi Co-Branding Smitten By Pattern Pada Sebelum dan Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 11(2), 159-168.

Gustami, s. P. (2007). Seni kerajinan mebel ukir jepara: kajian estetika melalui pendekatan multidisiplin. (no title).

Gustami, s. P., wardani, l. K., & setiawan, a. H. (2014). Keramik kasongan heritage. Direktorat pengembangan seni rupa.

Hanggarini, p. P., & kurnia, p. (2022). Pengembangan motif pada batik khas blitar. Qualia: jurnal ilmiah edukasi seni rupa dan budaya visual, 2(2), 54-60.

Humaidi, r. F., syarif, e. B., & andrianto, a. (2022). Perancangan jaket fashion untuk penggunaan sehari-hari. Eproceedings of art & design, 9(1).

Mandegani, G. B., Setiawan, J., Haerudin, A., & Atika, V. (2018). Persepsi Kualitas Batik Tulis. Dinamika Kerajinan dan Batik, 35(2), 75-84.

Setyaningsih, n. (2016). Ikan koi sebagai ide dasar penciptaan motif batik tulis pada dress casual. Pend. Seni kerajinan-s1 (e-craft), 5(1).

Sidah, s. N. (2015). Studi komparasi hasil jadi batik remekan menggunakan malam carikan dengan parafin pada kain katun. Jurnal online tata busana, 4(3).

Wahyuningsih, u., yulistiana, i., suhartini, r., purwidiani, n., & widjaja, a. (2023). Nyanggit nggathok patterned batik in clothing as an alternative to increasing production efficiency in the batik industry. In system innovation for a world in transition (pp. 337-342). Crc press.

Diterbitkan

2025-09-21

Cara Mengutip

Hariyanti, T., & Wahyuningsih, U. (2025). PENERAPAN MOTIF BATIK BERPOLA KOMBINASI BATIK TULIS REMEKAN PADA JAKET BOMBER DENGAN SUMBER IDE IKAN KOI. BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa, 6(2), 266–280. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baju/article/view/70711

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 39