VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS ETNOMIKOLOGI PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Ria Silvana Dewi
  • Fida Rachmadiarti

Abstract

Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang diyakini untuk diperbuat. Siswa belajar menemukan konsep-konsep dari materi yang telah diberikan, sehingga siswa tidak seharusnya menghafal semua materi. Seperti halnya menuntut siswa untuk mencari dan menemukan konsep sendiri tentang materi jamur. Buku ajar etnomikologi merupakan buku ajar yang mempelajari pemanfaatan jamur oleh masyarakat umum sebagai makanan, obat, cerita atau ritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan validitas buku ajar berbasis etnomikologi pada materi jamur kelas X SMA untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Buku ajar dinyatakan valid dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan kebahasaan. Pengembangan buku ajar dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, dengan metode model 4-D (four-D models). Pengumpulan data menggunakan metode validasi dengan lembar validasi dan menggunakan teknik analisis validitas. Buku ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik etnomikologi yang tersaji dalam fitur Apa kabar miko dan Ayo mencoba yang di dalamnya terdapat keterampilan berpikir kritis yang meliputi beberapa indikator mengidentifikasi, menganalisis, menyimpulkan, dan memecahkan masalah. Berdasarkan hasil validasi dari keempat validator yakni Dosen ahli pendidikan, ahli materi, dan dua guru biologi menunjukkan persentase validitas buku ajar sebesar 3,79% dengan kategori sangat valid dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci : validitas, etnomikologi, jamur.

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 252