VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

  • Maulidia Laily
  • Fida Rachmadiarti

Abstract

Collaborative Learning merupakan suatu kerja sama yang menguntungkan peserta didik dengan usaha berkoordinasi
untuk  memecahkan  masalah  bersama-sama  dengan  tahapan-tahapan  kegiatan  belajar  yaitu  Engagement,
Exploration,  Transformation,  Presentation,  dan  Reflection.  Collaborative  Learning  dapat  digunakan  untuk
melatihkan keterampilan literasi sains dan sikap sosial peserta didik yakni bekerja sama dan berkomunikasi. Literasi
sains  adalah  suatu  keterampilan  menggunakan  pengetahuan  sains  dalam  kehidupan  sehari-hari.Literasi  sains  salah
satunya  dapat  dilatihkan  melalui  materi  kontekstual.  Keanekaragaman  hayati  merupakan  materi  yang  bersifat
kontekstual  yakni  memanfaatkan  lingkungan  sekitar  untuk  pembelajaran.   Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah
menghasilkan  buku  ajar  berbasis  collaborative  learning  pada  materi  keanekaragaman  hayati  yang  dinyatakan  valid
dari  segi  isi,  penyajian  dan  bahasa.  Buku  ajar  yang  dikembangkan  menggunakan  desain  penelitian  model  4-D  yaitu
define,  design,  develop,dan  dessiminate.  Namun,  tahap  dessiminate  tidak  dilakukan  karena  keterbatasan  waktu  dan
biaya.Metode  pengambilan  data  menggunakan  metode  validasi  dengan  intrumen  lembar  validasi  yang  ditelaah  dan
diisi  oleh  dosen  pakar.  Hasil  validasi  dianalisis  menggunakan  teknik  validitas.  Parameter  dalam  penelitian  ini
meliputi  validitas  yang dilihat dari hasil  validitas para  pakar. Hasil penelitian  menunjukkan  validitas buku ajar  yang
dikembangkan sebesar 3,93 dengan kategori sangat valid.  Hasil penelitian menunjukkan validitas buku ajar dari segi
isi  memperoleh  skor  3,93  dengan  kategori  sangat  valid,  dari  segi  penyajian  memperoleh  skor  4  dengan  kategori
sangat  valid,  serta  dari  segi  bahasa  memperoleh  skor  4  dengan  kategori  sangat  valid.  Skor  keseluruhan  validitas
buku ajar yang dikembangkan sebesar 3,98 dengan kategori sangat valid.
Kata kunci :Validitas, Buku ajar, Collaborative Learning, Literasi Sains, Materi Keanekaragaman Hayati.
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 260