VALIDITAS BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA
Abstract
Materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah mengkaji tentang permasalahan lingkungan dandiharapkan dapat menentukan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut. Perlu suatu metode yang
tepat dalam pembelajarannya untuk mencapai ketuntasan pada KD ini, yakni proses pembelajaran yang tidak hanya
menghafal konsep, melainkan dituntut dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Berpikir divergen
adalah kemampuan berpikir untuk memeroleh jawaban lebih dari satu dan menghasilkan banyak ide aatau solusi dari
suatu permasalahan. Multiple intelligences adalah teori yang menyatakan bahwa setiap individu memiliki serangkaian
kecerdasan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi SMA kelas X berbasis multiple
intelligences materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk melatihkan berpikir divergen yang valid
berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan bahasa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode telaah dan validasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli pendidikan dan satu guru biologi
SMA menggunakan lembar validasi buku ajar. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian validitas oleh ketiga validator, buku ajar berbasis multiple intelligences dinyatakan valid berdasarkan
rata-rata kelayakan isi 3,73, rata-rata kelayakan penyajian 3,83, dan rata-rata kelayakan penyajian 3,83 sehingga
dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: validitas, buku ajar, Multiple Intelligences, perubahan lingkungan dan daur ulang l imbah
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 107