VALIDITAS BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR DIVERGEN SISWA

  • Rizqi Toyyibah
  • Fida Rachmadiarti

Abstract

Materi    perubahan  lingkungan  dan  daur  ulang  limbah  mengkaji  tentang  permasalahan  lingkungan    dan
diharapkan  dapat  menentukan  solusi  yang  tepat  untuk  memecahkan  permasalahan  tersebut.  Perlu  suatu  metode  yang
tepat  dalam  pembelajarannya  untuk  mencapai  ketuntasan  pada  KD  ini,  yakni  proses  pembelajaran  yang  tidak  hanya
menghafal konsep,  melainkan dituntut dapat  meningkatkan  kemampuan berpikir tingkat tinggi  siswa.  Berpikir divergen
adalah  kemampuan  berpikir  untuk  memeroleh  jawaban  lebih  dari  satu  dan  menghasilkan  banyak  ide  aatau  solusi  dari
suatu  permasalahan.  Multiple  intelligences  adalah  teori  yang  menyatakan  bahwa  setiap  individu  memiliki  serangkaian
kecerdasan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi SMA kelas X berbasis  multiple
intelligences  materi  perubahan  lingkungan  dan  daur  ulang  limbah  untuk  melatihkan  berpikir  divergen  yang  valid
berdasarkan  aspek  kelayakan  isi,  aspek  kelayakan  penyajian,  dan  aspek  kelayakan  bahasa.  Teknik  pengumpulan  data
menggunakan  metode  telaah  dan  validasi  oleh    satu  dosen  ahli  materi,  satu  dosen  ahli  pendidikan  dan  satu  guru  biologi
SMA  menggunakan  lembar  validasi  buku  ajar.  Teknik  analisis  data  dilakukan  dengan  analisis  deskriptif  kuantitatif.
Hasil  penilaian  validitas  oleh  ketiga  validator,  buku  ajar  berbasis  multiple  intelligences  dinyatakan  valid  berdasarkan
rata-rata  kelayakan  isi  3,73,  rata-rata  kelayakan  penyajian  3,83,  dan  rata-rata  kelayakan  penyajian  3,83  sehingga
dikategorikan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: validitas, buku ajar, Multiple Intelligences, perubahan lingkungan dan daur ulang l imbah
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 107