Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Test
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p310-318Abstract
Kesulitan belajar seringkali dialami oleh siswa sehingga dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Siswa dapat mengalami miskonsepsi pada mata pelajaran biologi salah satunya materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, karena pada materi tersebut terdapat konsep yang memuat proses fisiologis yang abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan faktor penyebab miskonsepsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang terdiri atas tahap pengembangan instrumen three-tier multiple choice test dan pedoman wawancara yang divalidasi oleh para ahli, mengujikan soal tes, serta melakukan wawancara. Sasaran penelitian terdiri atas siswa kelas XII IPA 4 dan 5 SMAN 1 Waru Sidoarjo sebanyak 70 siswa dan seorang guru biologi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif menggunakan tabel kategori miskonsepsi three-tier multiple choice test. Hasil penelitian berupa profil miskonsepsi yang terdiri atas siswa paham konsep sebesar 49,64%, siswa tidak paham konsep sebesar 15,57%, siswa mengalami miskonsepsi positif sebesar 10,00%, siswa mengalami miskonsepsi negatif sebesar 4,71%, dan siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 20,07%. Miskonsepsi dengan kategori tinggi terjadi pada indikator soal menentukan peran meristem interkalar sebesar 81,43% dan indikator soal mengaitkan pengaruh hormon (fitohormon) terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan sebesar 72,86% dan 77,14%. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu siswa, guru, cara mengajar, konteks, dan buku ajar yang digunakan.
Kata Kunci: miskonsepsi, three-tier multiple choice test, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.