KELAYAKAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 7E MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI ILMIAH
Abstract
Kemampuan berargumentasi ilmiah merupakan kemampuan memberikan tanggapan yangdibangun dari kegiatan meliputi lima indikator berargumentasi ilmiah yakni claim made, grounds used,
warrants given, counterargument generated, dan rebuttal offered. Untuk menunjang kebutuhan siswa
akan kemampuan berargumentasi, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan lembaran yang
berisikan tugas, petunjuk, dan langkah-langkah dalam menyelesaikan tugas yang digunakan sebagai
sarana melatih kemampuan berargumentasi ilmiah dengan mengimplementasikan model pembelajaran
Learning Cycle 7E. Fokus penelitian adalah pada materi fotosintesis dan respirasi. Penelitian ini bertujuan
menghasilkan LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk melatihkan kemampuan berargumentasi ilmiah
siswa pada materi fotosintesis dan respirasi yang layak berdasarkan validitas dan kepraktisan LKPD.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian model 4D yaitu define, design, develop, dan dessiminate,
namun tanpa tahap dessiminate. Metode pengambilan data dilakukan dengan validasi menggunakan
lembar validasi LKPD oleh tiga validator diantaranya dosen ahli materi, dosen ahli pendidikan dan guru
biologi SMA serta pengujicobaan LKPD diujikan pada 25 siswa kelas XII IPA menggunakan lembar tes
kemampuan berargumentasi ilmiah siswa. Pengelolaan data dilakukan dengan analisis kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh jumlah skor rata-rata keseluruhan validitas sebesar 3,72 yang
menunjukkan LKPD yang dikembangkan sangat layak dan tes kemampuan berargumentasi ilmiah yang
menunjukkan kepraktisan LKPD dengan rata-rata peningkatan pada tahap posttest sebesar 81,4% dengan
kategori sangat baik.
Kata Kunci : kelayakan LKPD, model Learning Cycle 7E, fotosintesis dan respirasi, kemampuan
berargumentasi ilmiah
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 154