Array
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p194-205Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) pendekatan saintifik guna melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid & praktis. LKPD merupakan media pembantu yang mempermudah kegiatan belajar mengajar yang berisi informasi, berbagai pertanyaan, petunjuk pelaksanaan tugas yang harus diselesaikan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), & Evaluate (Evaluasi), tanpa tahap Evaluate . Tujuan penelitian yaitu menghasilkan media LKPD yang valid dan praktis ditinjau dari aspek validasi penyajian, tujuan pembelajaran, bahasa, kesesuaian dengan pendekatan saintifik, kesesuaian dengan keterampilan berpikir kritis, relevansi, dan kelengkapan sajian. Validitas LKPD didapat dari hasil validasi pakar yaitu pakar pendidikan dan pakar materi. Kepraktisan LKPD dilihat dari respon satu respon pendidik sebagai praktisi & respon dari sepuluh siswa kelas X SMA Panjura Malang. Teknik analisis data yang digunakan secara deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD dikategorikan sangat valid dan persentase skor validitas sebesar 3,704% atau presentase kevalidan sebesar 92,60 %. LKPD dinilai sangat praktis dengan memperoleh persentase dari respon guru sebesar 100% dan peserta didik sebesar 96,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Fungi sub materi suksesi fungi dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid & praktis.