Pengembangan E-LKPD Interaktif berbasis Collaborative Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Selly Adinda Mustika Murti Universitas Negeri Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini dihasilkan E-LKPD interaktif berbasis collaborative learning pada materi pertumbuhan dan perkembangan yang valid, praktis, dan efektif dalam melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. E-LKPD ini dikembangkan menggunakan model ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas berdasarkan hasil validitas para ahli, kepraktisan berdasarkan hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD, dan keefektifan berdasarkan hasil tes peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD dinyatakan valid dengan skor validitas syarat konstruksi 96,30%, syarat teknis 94,44%, dan syarat didaktik 100% dengan kriteria interpretasi sangat valid pada ketiganya. Selain itu, E-KPD juga dinyatakan praktis dengan skor kepraktisan syarat konstruksi 95,55%, syarat teknis 90%, dan syarat didaktik 100% dengan kriteria interpretasi sangat baik pada ketiganya. Adapun juga, keefektifan mendapatkan skor interpretasi 100%. Analisis 100%, evaluasi 100%, inferensi 86,67%, eksplanasi 100%, dan regulasi diri 93,33% dengan kriteria interpretasi sangat tinggi.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 150