Validitas LKPD Microgreen Berbasis Project Based Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif

  • Dafa Muda Arsena Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Berpikir kreatif adalah kecakapan hidup yang dibu pada abad 21. Kreativitas adalah kemampuan untuk mengkreasikan hal yang sudah ada dan menciptakan ide baru; bersikap untuk terbuka terhadap hal yang berbeda maupun hal baru. Kemampuan berpikir kreatif dapat didukung dengan metode Project-Base Learning(PjBL). Hal tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 bersifat kontekstual dan lebih pada penekanan proses pembelajaran siswa yang aktif (student center), kreatif, dan mandiri sesuai bakat, minat. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah menghasilkan  LKPD yang berkualitas berdasarkan validasi para ahli. Penelitian ini menggunakan pengembangan dengan model four-D models, yang meliputi pendefinisian, perancangan, dan pengembangan tanpa tahap penyebaran. LKPD diukur meliputi kelayakan penyajian, kelayakan isi, kelayakan bahasa. Validasi LKPD divalidasi oleh ahli pendidikan, dan ahli materi. Analisis hasil secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan LKPD yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil validasi dengan skor 3,83 kriteria yang sangat valid.

Kata Kunci: microgreens, LKPD, PjBL, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Creative thinking is a life skill needed in the 21st century. Creativity is the ability to create things that already exist and create new ideas; Be open to different and new things. Creative thinking skills can be supported by the Project-Base Learning (PjBL) method. This is by the 2013 curriculum which is contextual and emphasizes the active learning process (student center), creative, and independent according to talents and interests. This research aims to produce quality LKPD based on expert validation. This research uses the development of Four-D models, which includes the definition, design, and development without the deployment stage. LKPD measured includes the feasibility of presentation, content feasibility, language feasibility. LKPD validation is validated by education experts and material experts. Analysis of the results in a descriptive quantitative manner. Based on the results of the research, it shows that the worksheets that have been developed are feasible to be used as learning media with validation results with a score of 3.83 the criteria are very valid.

Keywords: microgreens, LKPD, PjBL, creative thinking skills

Published
2022-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 383
PDF Downloads: 348