Pengembangan E-LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-Want-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Abstract
Salah satu keterampilan dalam kurikulum 2013 yang diperlukan pada abad ini adalah keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif dapat dilatihkan dengan strategi KWL (Know-want-Learned). Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan merupakan materi yang kompleks dan memiliki banyak konsep yang detail sehingga diperlukan kemampuan pemahaman yang baik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis strategi KWL untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang valid, praktis dan efektif . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (define, design, develop dan disseminate). Data validitas diperoleh dengan instrumen lembar validasi E-LKPD. Data kepraktisan ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan aktivitas peserta didik dalam pengerjaan E-LKPD. Data efektifitas ditinjau dari hasil ketuntasan indikator dengan instrumen soal peretest posttest, penilai an keterampilan metakognitif dan hasil respon peserta didik. Uji coba secara terbatas dilakukan pada kelas XII MIPA 3 MAN 1 Bojonegoro. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor validitas sebesar 97,2%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 97,5%, dan dinyatakan sangat efektif ditinjau dari ketuntasan indikator 80%, hasil nilai keterampilan metakognitif 3,95 dengan kategori sangat baik serta respon peserta didik 97,75% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik.
Kata Kunci : lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD), KWL, Keterampilan Metakognitif, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.
PDF Downloads: 315