Pengembangan E-LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-Want-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

  • Ana Uswatun Hasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu keterampilan dalam kurikulum 2013 yang diperlukan pada abad ini adalah keterampilan metakognitif. Keterampilan metakognitif dapat dilatihkan dengan strategi KWL (Know-want-Learned). Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan merupakan materi yang kompleks dan memiliki banyak konsep yang detail sehingga diperlukan kemampuan pemahaman yang baik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis strategi KWL untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang valid, praktis dan efektif . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (define, design, develop dan disseminate). Data validitas diperoleh dengan instrumen lembar validasi E-LKPD. Data kepraktisan ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan aktivitas peserta didik dalam pengerjaan E-LKPD. Data efektifitas ditinjau dari hasil ketuntasan indikator dengan instrumen soal peretest posttest, penilai  an keterampilan metakognitif dan hasil respon peserta didik. Uji coba secara terbatas dilakukan pada kelas XII MIPA 3 MAN 1 Bojonegoro. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor validitas sebesar 97,2%, sangat praktis dengan skor kepraktisan 97,5%, dan dinyatakan sangat efektif ditinjau dari ketuntasan indikator 80%, hasil nilai keterampilan metakognitif 3,95 dengan kategori sangat baik serta respon peserta didik 97,75% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik.

Kata Kunci : lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD), KWL, Keterampilan Metakognitif, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Published
2022-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 343
PDF Downloads: 315