PROFIL MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST
Abstract
Miskonsepsi adalah ide atau gagasan yang ada dalam diri siswa yang tidak sesuai dengan konsepyang dianggap benar oleh para ilmuwan. Salah satu materi dalam pelajaran Biologi yang sering ditemukan
terjadi miskonsepsi yaitu materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Konsep ini merupakan konsep yang
sulit dipahami oleh siswa karena konsep ini sangat kompleks dan abstrak.Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan
menggunakan three-tier multiple choice diagnostic test. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif, yaitu membuat instrument three-tier test yang divalidasi oleh ahli, mengujikan soal, analisis
hasil penelitian menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi, serta penarikan kesimpulan.
Subjek penelitian yakni siswa kelas XII sebanyak 78 siswa yang sudah mendapatkan materi fotosintesis
dan respirasi tumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan profil miskonsepsi terdiri dari siswa mengalami
miskonsepsi sebesar 55,21%, siswa tidak paham konsep sebesar 29,32%, dan siswa paham konsep sebesar
15,47%. Siswa yang mengalami miskonsepsi diperoleh kriteria miskonsepsi tinggi sebesar 28,21%,
miskonsepsi sedang sebesar 66,67%, dan miskonsepsi rendah sebesar 5,13%.
Kata Kunci: fotosintesis dan respirasi tumbuhan, miskonsepsi, Three-tier test.
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 1723