PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS CD INTERAKTIF PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

  • Dinda Triana
  • Yuliani Yuliani

Abstract

Media pembelajaran CD interaktif ini adalah media yang digunakan sebagai pendukung pembelajaran yang berisi tentang animasi, video,audio supaya siswa dapat belajar secara mandiri. Materi yang digunakan untuk CD interaktif ini adalah materi jaringan tumbuhan karena materi tersebut sulit dipahami oleh siswa, sehingga dalam media CD interaktif ini dapat membantu guru serta siswa dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran dan mengetahuixrespon siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran biologi berbasisxmultimediaxinteraktif pada materi jaringan tumbuhan yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada  penelitian pengembangan ini yaitu metode R&D (Research and Development) yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi. Subyek penelitian ini adalah mediaxpembelajaran multimediaxinteraktif dikemas dalam bentuk CD Interaktif yang dilakukan oleh 20 siswa SMA Hangtuahx2 Sidoarjo. Teknik pengambilan datanya menggunakan metode validasi, metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa media pembelajaran CD Interaktif layak digunakan dengan skor validitas penilaian ahli rata-rata sebesar 3,83 dengan kategori sangat layak, aktivitas siswa saat menggunakan media CD Interaktif menunjukkan rata - rata persentase sebesar 97,5%, ketuntasan hasil belajar setelah menggunakan media CD Interaktif sebesar 85% dengan kategori tuntas dengan rata – rata gain score kelas sebesar 0,70 dengan kategori sangat tinggi danrespon siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis CD Interaktif menunjukkan bahwa media 

sangat layak dengan persentase respon positif sebesar 89%.

 

Kata kunci : Media pembelajaran, jaringan tumbuhan, multimedia interaktif, hasil belajar.

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract Views: 368
PDF Downloads: 275