Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik E-LKPD Berbasis Guided Inkuiri: Melatihkan Keterampilan Poses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA

  • Ruhil Ummu Maulida Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Yuliani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran biologi mengajarkan peserta didik mempelajari alam secara ilmiah dan sistematis melalui proses inkuiri, sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses sains terintegrasi. Karena itu, diperlukan penerapan keterampilan proses sains terintegrasi dalam pembelajaran yang didukung dengan model guided inquiry melalui bahan ajar inovatif berupa lembar kegiatan peserta didik elektronik (E-LKPD). Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis guided inquiry pada materi fotosintesis untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Validitas E-LKPD dinilai berdasarkan validasi oleh pakar Pendidikan Biologi. Kepraktisan E-LKPD diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan aktivitas peserta didik menggunakan E-LKPD selama pembelajaran. Keefektifan E-LKPD diukur berdasarkan tes keterampilan proses sains terintegrasi menggunakan pretest dan posttest, serta respons peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD dinyatakan sangat valid dengan skor 98,40%. E-LKPD dinyatakan sangat praktis dengan skor 96,92%. E-LKPD dinyatakan sangat efektif dengan skor ketercapaian indikator keterampilan proses sains terintegrasi sebesar 88% dan respons positif sebesar 97,95%. Disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 55