KELAYAKAN LKPD BERBASIS PROYEK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Ria Indi Rohmawati
  • Yuliani Yuliani

Abstract

Materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan mengkaji tentang  konsep sel, struktur, jaringan, fungsi dan organ pada tumbuhan. Materi tersebut tidak bisa diberikan dengan metode ceramah karena objek pengamatan tidak bisa dibayangkan secara abstrak dan tidak cukup dengan mempelajari secara teoritis melainkan pembelajaran yang aplikatif yakni praktikum. Keterampilan berpikir kritis dianggap sebagai keterampilan kognitif dalam pembelajaran di mana siswa belajar euntuk merumuskan hipotesis, merancang, melakukan dan menganalisis serangkaian penyelidian. Dalam upaya untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa maka diperlukan adanya bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan LKPD berbasis proyek pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang layak berdasarkan kelayakan. Kelayakan LKPD ditinjau dari segi validitas, keterlaksanaan aktivitas siswa dan ketuntasan indikator keterampilan berpikir kritis. Validitas LKPD berdasarkan kriteria kelayakan penyajian, isi kebenaran materi, karakteristik LKPD berbasis proyek, keterampilan berpikir kritis dan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Desseminate) tanpa tahap Desseminate. LKPD yang dikembangkan sebelum diujicoba divalidasi oleh pakar pendidikan dan pakar biologi. LKPD ini kemudian diujicobakan secara terbatas pada 20 siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Validitas LKPD berbasis proyek pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor validasi sebesar 3,52 dengan kategori sangat valid. Keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 96,11% dengan kategori sangat praktis. Hasil tersebut juga didukung dengan ketuntasan indikator keterampilan berpikir kritis yang memperoleh persentase ketuntasan sebesar 82% dengan kategori sangat efektif.  Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak.

Kata Kunci: LKPD, keterampilan berpikir kritis, proyek, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 843
PDF Downloads: 388