Pengembangan E-LKPD Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa

  • Itaunada Itaunada Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Literasi sains menjadi keterampilan abad 21 yang disyaratkan untuk dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan literasi sains dapat dilatihkan dengan menerapkan pembelajaran berbasis SETS yang mengaitkan aspek ilmu pengetahuan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Sub materi pencemaran lingkungan merupakan materi yang dapat melatihkan literasi sains karena mampu mengaitkan konsep informasi dasar yaitu berupa pengetahuan awal yang telah dimiliki untuk membantu siswa dalam memahami permasalahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis SETS pada sub materi pencemaran lingkungan yang valid dan praktis untuk melatihkan keterampilan literasi sains. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Validasi diukur berdasarkan hasil validasi oleh validator, kepraktisan diukur berdasarkan observasi keterlaksanaan dan respons peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan E- LKPD dinyatakan sangat valid yaitu sebesar 3,93 dengan persentase 98,15%. E-LKPD dinyatakan sangat praktis ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan dengan persentase 93,75% dan respon positif sebesar 95,5%. Disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Published
2023-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 72