Validitas E-Book Keanekaragaman Hayati Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

  • Trisna Anindita Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan bahwa pembelajaran harus mengajarkan empat keterampilan, salah satunya yaitu berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu dapat disebabkan oleh penggunaan model atau pendekatan pembelajaran yang kurang merangsang keaktifan belajar. Penelitian ini menggunakan enam komponen CTL yaitu constructivisme, questioning, learning community, modelling, reflection, dan authentic assessment, tanpa komponen inquiry. Pendekatan CTL melalui komponen yang dimiliki dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis, yang pada penelitian ini diaplikasikan dalam bentuk sumber belajar elektronik yaitu e-book. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book keanekaragaman hayati berorientasi CTL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid berdasarkan validasi pakar dan praktisi. Jenis penelitian yaitu pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode validasi yaitu metode untuk memperoleh data terkait tingkat kevalidan atau kelayakan e-book. Data hasil validasi kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kriteria kelayakan penyajian 98,61%, kelayakan isi 97,92%, kelayakan kebahasaan 97,57%, kesesuaian dengan komponen CTL 100%, dan kesesuaian dengan indikator keterampilan berpikir kritis 100%, sehingga persentase validitas secara keseluruhan sebesar 98,82%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa e-book keanekaragaman hayati berorientasi CTL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dinyatakan sangat valid berdasarkan validasi pakar dan praktisi.

Kata Kunci: CTL, e-book, keanekaragaman hayati, keterampilan berpikir kritis, validitas.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 22