Pengembangan Flipbook Berbasis Pjbl pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA

  • Fitriana Rudianto Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Rinie Pratiwi Puspitawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pada pembelajaran di abad 21 salah satu tuntutan kemampuan yang wajib dikuasai saat oleh peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis atau critical thinking. Sumber belajar yang dapat diguanakan untuk mendukung kemempuan berpikir kritis adalah flipbook yang memiliki berbagai media yang dapat digunakan sekaligus dalam pembelajaran  membuatnya sebagai sumber belajar sekaligus media yang menarik dan interaktif bagi siswa. Flipbook didukung dengan (PjBL) memungkinkan proses pembelajaran dua arah, yaitu antara siswa dan pendidik dan siswa dengan siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flipbook berbasis PjBL pada materi jaringan tumbuhan yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dilakukan dalam lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Tahap pengembangan flipbook interaktif dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, UNESA. Subjek pada penelitian adalah 20 siswa kelas XI MIPA SMA. Pengembangan flipbook berbasis PjBL yang telah dilaksanakan dinyatakan sangat valid dengan hasil validitas rata-rata 3,8. Kepraktisan flipbook yang ditinjau dari grafik fry jatuh pada daerah 12 sehingga dapat dikategorikan praktis sesuai dengan tingkatan kelas peserta didik. Serta memperoleh persentase rata-rata respon positif sebesar 95,84% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan flipbook ditinjau hasil belajar peserta didik dapat dikatakan efektif berdasarkan peningkatan ketuntasan indikator berpikir kritis eksplanasi mengalami kenaikan sebesar 18,75%, analisis sebesar 21,25%, inferensi sebesar 30%, dan evaluasi sebesar 26,25%.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 38