Pengembangan E-Book Interaktif Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X

  • Ankankinem Bebye paskah Rumbewas Universitas Negeri Surabaya
  • Tarzan Purnomo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari difine, design, develop, dan desseminat. E-book interaktif pada materi ekosistem diujicobakan secara terbatas kepada 40 siswa kelas X SMA Labschool Universitas Negeri Surabaya pada bulan Januari-April 2023.Validitas e-book interaktif pada materi ekosistem ini diperoleh berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media. Kepraktisan e-book interaktif  pada materi ekosistem ini ditinjau berdasarkan keterlaksanaan e-book interaktif, dan keterampilan berpikir kristis siswa. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan metode validasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi e book oleh pakar diperoleh skor rata-rata 3,91 dinyatakan “sangat valid”. Keterlaksanaan e-book interaktif pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X terlaksana 100%, kategori praktis, dan  99,6% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan e book interaktif.

Kata Kunci: E-book interaktif, Ekosistem,berpikir kritis

 

Abstract

 

This research aims to produce an interactive e-book on ecosystem material to train valid and practical critical thinking skills of grade X students. The development model used is a 4D development model consisting of difine, design, develop, and desseminat. The interactive e-book on ecosystem material was tested on a limited basis to 40 grade X students of SMA Labschool Universitas Negeri Surabaya in January-April 2023. The validity of interactive e-books on this ecosystem material is obtained based on the validation of material experts and media experts. The practicality of interactive e-books in this ecosystem material is reviewed based on the implementation of interactive e-books, and students' Christian thinking skills. Data collection techniques are carried out using validation methods, tests, and questionnaires. The data obtained were analyzed descriptively, qualitatively and quantitatively. The results showed that e-book validation by experts obtained an average score of 3.91 which was declared "very valid". The implementation of the interactive e-book on ecosystem material to train the critical thinking skills of class X students was implemented 100%, in the practical category, and 99.6% of students gave a positive response to the use of interactive e-books.

 

Keywords:    interactive e-book, ecosystem, critical thinking

 

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 21