Pengembangan E-Book Interaktfi Tipe FLIPBOOK pada Materi Eenzim dan Metabolisme untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p356-369Abstract
Memasuki abad 21 pembelajaran dituntut berbasis teknologi dan menerapkan kompetensi 4C. Salah satu kompetensi tersebut yakni keterampilan dalam berpikir kritis. Namun saat ini bahan ajar yang ada di sekolah masih belum melatihkan berpikir kritis dan pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran juga masih belum maksimal terutama pada pelajaran biologi materi enzim dan metabolisme. Materi tersebut bersifat kompleks dan sulit diindra menyebabkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi. Salah satu solusi dari kesenjangan tersebut yakni menyediakan bahan ajar yang dapat memudahkan peserta didik memahami materi enzim dan metabolisme, serta menjadikan peserta didik lebih aktif dan terampil dalam berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan E-book interaktif tipe flipbook pada materi enzim dan metabolisme untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak secara teoritis dan empiris serta mendeskripsikan kelayakan E-book menurut hasil validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan yakni Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan validitas E-book dinyatakan sangat valid ditinjau dari penilaian ahli berdasarkan aspek tampilan, isi, dan bahasa dengan persentase sebesar 98,75%. Kepraktisan E-book dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon positif peserta didik dengan pemerolehan persentase sebesar 97,60 dan hasil uji keterbacaan pada tingkat 10 dengan kategori praktis. Keefektifan E-book ditinjau dari analisis n-gain hasil pretest dan posttest dinyatakan efektif dengan skor n-Gain sebesar 0,67 serta persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 83% dengan kategori tuntas.