PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP BUDIDAYA JAMUR KAYU UNTUK MELATIHKAN KECAKAPAN HIDUP MATERI JAMUR PESERTA DIDIK KELAS X

  • Wahyu Utami
  • Isnawati Isnawati

Abstract

Tuntutan abad 21 berperan dalam menjadikan peserta didik untuk memiliki keterampilan dalam belajar serta berinovasi sehingga perlu adanya pengimplementasian dalam pendidikan untuk melatihkan wirausaha/entrepreneurship. Peserta didik telah memperoleh materi jamur yang akan diterapkan melalui wirausaha yang dikembangkan  dengan menggunakan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Bioentrepreneurship yang valid dan praktis untuk melatihkan kecakapan hidup. Jenis penelitian yang dikembangkan merupakan model pengembangan yang menggunakan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) tetapi tanpa menggunakan tahap Disseminate. Ujicoba terbatas dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas X SMA Negeri 13 Surabaya.Metode pengumpulan data dengan validasi dan observasi. Kevalidan LKPD meliputi hasil validasi yang dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru bidang studi pendidikan biologi. Kepraktisan LKPD yang dikembangkan meliputi keterlaksanaan LKPD, dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik yang dilakukan oleh empat pengamat. Hasil kelayakan LKPD secara teoritis sebesar 86,76%. Hasil kepraktisan LKPD ditinjau berdasarkan keterlaksanaan LKPD berbasis Bioentrepreneurship dengan persentasesebesar 91,25%, dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik sebesar 95,7%. Berdasarkan hasil tersebut, LKPD berbasis Bioentrepreneurship yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: LKPD, Bioentrepreneurship, Kepraktisan, Jamur

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract View: 67
PDF Download: 145