PERILAKU SADISME TOKOH DALAM KUMPULAN DONGENG BRÜDER GRIMM SCHNEEWITTCHEN DAN ASCHENPUTTEL

  • AMINATUS SHOLIHAH
  • RR DYAH WOROHARSI PARNANINGRUM

Abstract

Abstrak

Dongeng pada umumnya memberikan nilai-nilai moral baik dan buruk. Hal itu dicerminkan oleh perilaku tokoh. Dalam dongeng ada perilaku tokoh yang positif dan juga yang negatif. Salah satunya adalah perilaku kejam atau sadisme yang dilakukan antar tokoh. Dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel karya Brüder Grimm adalah contohnya. Di sini terdapat tokoh yang memiliki perilaku positif juga perilaku negatif berupa perilaku sadisme.

Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Perilaku sadisme berjenis apakah yang dilakukan tokoh dalam dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel? (2) Apakah penyebab adanya perilaku sadisme tokoh dalam dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel karya Brüder Grimm?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perilaku sadisme tokoh dalam dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel. (2) mendeskripsikan penyebab terjadinya perilaku sadisme yang dilakukan tokoh dalam dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel karya Brüder Grimm.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel dalam kumpulan dongeng Kinder -und Hausmärchen karya Brüder Grimm. Data penelitian ini adalah kalimat yang menunjukkan perilaku sadisme dalam dongeng Schneewittchen dan Aschenputtel karya Brüder Grimm. Penelitian ini menggunakan teori sadisme Erich Fromm untuk menemukan rumusan masalah satu serta untuk menemukan rumusan masalah dua menggunakan teori agresi Sears.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku sadisme dalam dongeng Schneewittchen merupakan jenis sadisme non-seksual (fisik) dengan bentuk perilaku membunuh. Dan perilaku sadisme dalam dongeng Aschenputtel merupakan jenis sadisme non-seksual (fisik) dan sadisme mental dengan bentuk perilaku menyiksa dan menghina. Serta dalam kedua dongeng tersebut tidak ditemukan jenis sadisme seksual. (2) penyebab tokoh dalam dongeng Schneewittchen melakukan perilaku sadisme adalah adanya rasa kompetisi dan adanya serangan dari orang lain sedangkan dalam dongeng Aschenputtel adalah karena rasa permusuhan dan ingin mencapai tujuan lain.

Kata kunci: Perilaku, sadisme, dongeng
Published
2018-08-07
Section
Articles
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 81