ANALISIS FRASA PADA SLOGAN IKLAN ROKOK ELEKTRIK BERBAHASA JERMAN

  • ADIBAH HIDAYATTULLAH

Abstract

Frasa adalah kata-kata dalam kalimat yang bersatu untuk membentuk unit dengan kompleksitas yang berbeda, unit tersebut disebut sebagai frasa atau kelompok kata. Frasa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu frasa nomina, frasa adjektiv, frasa keterangan, frasa preposisi, frasa konjungsi. Adapun tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Konstruksi frasa pada slogan iklan rokok Elektrik berbahasa jerman?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode IC (Immediate Constituent). Teori yang di gunakan untuk mendeskripsikan penggunaan frasa pada slogan iklan rokok Elektrik berbahasa jerman menggunakan Teori Frasa oleh Duden (2009). Sumber data pada penelitian ini adalah iklan Rokok Elektrik berbahasa jerman. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teori frasa menurut Duden (2009), dapat di lihat bahwa terdapat 24 frasa dalam beberapa iklan rokok. Frasa preposisi merupakan jenis frasa yang paling sering menjadi Inti (kern) di dalam kalimat slogan iklan rokok Elektrik berbahasa jerman. Sedangkan frasa selainnya, yaitu frasa Konjungsi, frasa Verba, frasa Keterangan, frasa Sifat, frasa Benda merupakan frasa yang membentuk inti pada kalimat slogan iklan rokok elektrik berbahasa jerman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa konstruksi frasa pada kalimat slogan iklan rokok Elektrik berbahasa Jerman lebih sering menggunakan frasa Preposisi sebagai inti (kern) dalam kalimat. Sedangkan frasa lainnya di gunakan sebagai pembentuk inti pada kalimat slogan.

Kata Kunci: frasa, slogan, iklan
Published
2020-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 212