Pola Konsumsi Mahasiswa K-popers yang Berhubungan dengan Gaya Hidup K-pop Mahasiswa Surabaya

  • Salsabiila Baswoko Praundrianagari Universitas Negeri Surabaya
  • Hendry Cahyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 

Beberapa tahun terakhir ini di Indonesia telah terjadi fenomena Kpop, anak muda menyukai musik dan drama dari Korea Selatan atau sering disebut dengan Kpop Wave. Konsumsi adalah suatu kegiatan yang menggunakan barang dan jasa yang digunakan dalam proses produksi tidak termasuk dalam proses konsumsi karena tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Setiap orang wajib melakukan kegiatan konsumsi setiap hari, tujuannya adalah mencapai tingkat kepuasan tertinggi dan mencapai tingkat kemakmuran dalam arti memenuhi berbagai kebutuhan. Selera belanja manusia untuk berbagai barang dipengaruhi oleh gaya hidup barang yang mereka beli untuk mencerminkan gaya hidup ini. Gaya hidup adalah gaya hidup yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan pendapat. Gaya hidup pada dasarnya adalah pola seseorang dalam mengatur keuangannya.

 

Kata Kunci : pola konsumsi, Korea, Kpop, Gaya Hidup

 

Abstract

 

In the last few years in Indonesia there has been a Kpop phenomenon, young people like music and drama from South Korea or often called Kpop Wave. Consumption is an activity that uses goods and services used in the production process not included in the consumption process because they are not used to meet the needs of human life. Everyone is required to carry out consumption activities every day, the goal is to achieve the highest level of satisfaction and achieve a level of prosperity in the sense of fulfilling various needs. Human shopping tastes for various goods are influenced by the lifestyle of the goods they buy to reflect this lifestyle. Lifestyle is a lifestyle that is expressed in activities, interests and opinions. Lifestyle is basically a person's pattern of managing their finances.

Keywords: Consumption Behavior, Korean Wave, Kpop, Lifestyle

Published
2021-08-30
How to Cite
Praundrianagari, S., & Cahyono, H. (2021). Pola Konsumsi Mahasiswa K-popers yang Berhubungan dengan Gaya Hidup K-pop Mahasiswa Surabaya. Independent: Journal of Economics, 1(2), 33-40. https://doi.org/10.26740/independent.v1n2.p33-40
Section
Article
Abstract Views: 2662
PDF Downloads: 2938