FENOMENA PERILAKU BERBELANJA MENGGUNAKAN SPAYLATER SERTA DAMPAKNYA TERHADAP GAYA HIDUP MAHASISWA ILMU EKONOMI

  • Intan Kurniasari Universitas Negeri Surabaya
  • Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: SPayLater, Shopping Behavior, Lifestyle, Sosial Influence

Abstract

Globalisasi mendorong dunia untuk semakin maju khususnya dalam bidang teknologi, pada era saat ini teknologi telah berkembang pesat terbukti dengan lahirnya Financial Technology (fintech) salah satunya adalah SPayLater. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang perilaku belanja online menggunakan fitur SPayLater pada remaja khususnya mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Hasil penelitian diperoleh dari wawancara dengan narasumber dan juga menggunakan perbandingan penelitian sebelumnya. Pengaruh gaya hidup dan sosial mempengaruhi penggunaan SPayLater dan juga mempengaruhi perilaku belanja mahasiswa Jurusan Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya bagi mereka yang cenderung suka berbelanja dengan SpayLater membuat gaya hidup mereka lebih konsumtif, dan penggunaan SPayLater karena pengaruh sosial yang berasal dari teman dan keluarga. iklan.

Keywords : SPayLater, Shopping Behavior, Lifestyle, Sosial Influence

Published
2021-12-31
How to Cite
Kurniasari, I., & Fisabilillah, L. (2021). FENOMENA PERILAKU BERBELANJA MENGGUNAKAN SPAYLATER SERTA DAMPAKNYA TERHADAP GAYA HIDUP MAHASISWA ILMU EKONOMI. INDEPENDENT : Journal of Economics, 1(3), 207-218. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/independent/article/view/43637
Abstract View: 561
pdf (Bahasa Indonesia) Download: 657