Pengaruh Pajak Reklame dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Surabaya

  • Mahmud Nur Virgian Syah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Hanifa Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Tax, Advertising, Restaurant

Abstract

The aim of this article is to identify the effect of the advertisement tax and restaurant tax on Regional Original Income of Surabaya in 2011 – 2018. By using quantitative descriptive with multiple linear analysis and secondary data which were in the form of time series for the period 2011-2018, the data processing was assisted by a software named SPSS 25. The test results show that 1). The advertisement tax partially does not affect the Regional Original Income. 2). Restaurant tax affects Regional Original Income. 3). Advertising and restaurant taxes affect Regional Original Income.

Keywords: Tax, Advertising, Restaurant

References

BPKPD Surabaya. (2019). Data Pendapatan Pajak Daerah Tahun 2011 s/d 2018. Badan Pengelolaan Keuangan Dan Pajak Daerah Kota Surabaya.
Farida, F. K. (2018). Efektivitas Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di BPKPD Surabaya [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS Surabaya]. http://eprints.perbanas.ac.id/4092/
Fikri, Z., & Mardani, R. M. (2017). Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kota Batu Tahun 2012-2016). E-Jurnal Riset Manajemen, 6(1). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/421
Fitriyani, E., Hendri, N., Ali, K. (2021). Analisis Laju Pertumbuhan, Efektivitas, Kontribusi Pajak Hotel dan Pajak Restoran Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Fidusia, 4(1). http://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JPK/article/view/599
Gunawan, A. M. (2020). Studi Deskriptif Tentang Efektifitas Pengawasan Perizinan Reklame Di Kota Surabaya. Juima, 10(1), 74–80.
Hafiz, M. (2021). Pengaruh Penghasilan Pajak Hotel dan Pajak Restoran Terhadap Penerimaan Pajak di Daerah Sumenep.
Hasanah, R. (2019). Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Pesawaran Perspektif Ekonomi Islam Periode. http://repository.radenintan.ac.id/8269/1/SKRIPSI.pdf
Lestari, S. H. (2016). Jumlah Restoran di Kota Surabaya Tambah Banyak, DKKP Target Penerimaan Pajak Rp 287 M. Surya.Co.Id. https://surabaya.tribunnews.com/amp/2016/03/15/jumlah-restoran-di-kota-surabaya-tambah-banyak-dkkp-target-penerimaan-pajak-rp-287-m
Lisa, N. (2020). Pengaruh Pajak Hotel dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)Kota Banda Aceh. https://repository.unsri.ac.id/35015/
Muslim, I. (2017). Pengaruh Pajak Reklame, Pajak Restoran, Retribusi Jasa Umum, Jumlah Penduduk, Dan Jumlah Industri Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011-2015. Universitas Islam Indonesia.
Online, R. W. (2018). Banyak Reklame Tak Berizin di Surabaya. Warta Ekonomi. https://amp.wartaekonomi.co.id/berita166572/banyak-reklame-tak-berizin-di-surabaya

Rachman, R. N. (2020). Peramalan Pendapatan Asli Daerah Akibat Pengaruh Pajak Hiburan, Pajak Hotel dan Pajak Restoran di Badan Pendapatan Daerah Kota Surabaya Menggunakan VAR (Vector Autoregressive)/VECM (Vector Error Correction Model) [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel]. http://digilib.uinsby.ac.id/44461/3/Rais Noer Rachman_H72216065.pdf
Rahmawati, E. (2014). Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Guna Pertumbuhan Pembangunan Daerah Di Kota Surabaya.
Rinawati, R. (2013). Analisis Pengaruh Pemungutan Pajak Reklame Terhadap Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya. Jurnal AKUNESA, 1(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi/article/view/757/541
Rizal, E. (2019). Pengaruh Pajak Hiburan dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya Tahun 2015-2017 [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/32233/
Sukmawati, M., & Ishak, J. F. (2019). Pengaruh Kontribusi Pajak Reklame dan Pajak Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Bandung. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1). https://jurnal.polban.ac.id/proceeding/article/view/1464
Tenola, D. (2018). Target Pajak Naik Rp 500 Miliar, BPKPD Surabaya Bidik Restoran. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/jpg-today/27/12/2018/target-pajak-naik-rp-500-miliar-bpkpd-surabaya-bidik-restoran/?amp
Tenola, D. (2019). Permudah Lapor Pajak Hotel dan Restoran Melalui Aplikasi Surabaya Tax. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/jpg-today/26/03/2019/permudah-lapor-pajak-hotel-dan-restoran-melalui-aplikasi-surabaya-tax/?amp
Yudha, S. K. & Mardiani, D. (2012). Tak Bayar Pajak, Aset Pengusaha Reklame Bakal Disita. REPUBLIKA.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/lz0qeh/tak-bayar-pajak-aset-pengusaha-reklame-bakal-disita
Zahro, F. (2017). Pemkot Surabaya Target Pajak hingga Rp 300 Miliar pada 2018, ini Pertimbangannya. Surya.Co.Id. https://surabaya.tribunnews.com/2017/12/19/pemkot-surabaya-target-pajak-hingga-rp-300-miliar-pada-2018-ini-pertimbangannya
Published
2022-08-31
How to Cite
Syah, M., & Hanifa, N. (2022). Pengaruh Pajak Reklame dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota Surabaya. Independent: Journal of Economics, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.26740/independent.v2i2.46456
Section
Article
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 197