Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Teknik Firing Line Terhadap Hasil Belajar ‎Siswa pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun

Authors

  • Devi Nur Afifah
  • Hermin Budiningarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan koefisien korelasi antara hasil belajar siswa dengan pembelajaran koopeartif tipe TGT dengan teknik firing line, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik firing line pada materi bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan rancangan ”one group pre-test and post-test design”. Berdasarkan analisis normalitas dan homogenitas diketahui bahwa kedua kelas eksperimen (VIII B dan VIII F) berdistribusi normal dan homogen. Untuk mengetahui hasil aspek kognitif siswa digunakan uji t yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai pre-test dan post-test dan diperoleh hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas eksperimen. Berdasarkan analisis diperoleh hubungan antara poin ratarata turnamen siswa dengan hasil belajar siswa digunakan analisis korelasi, sehingga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,84 dengan faktor kontribusi dari poin turnamen sebesar R2= 0,711 pada kelas VIII B, sedangkan pada kelas VIII F koefisien korelasinya sebesar 0,78 dengan faktor kontribusi dari poin turnamen sebesar R2= 0,616. Hasil analisis terhadap keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik firing line secara umum berjalan dengan baik. Sedangkan dari hasil analisis angket respon diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan teknik firing line memperoleh respon positif dari siswa. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa poin turnamen dengan teknik firing line berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi bunyi kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-06-2013

How to Cite

Afifah, D. N., & Budiningarti, H. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Teknik Firing Line Terhadap Hasil Belajar ‎Siswa pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 3 Madiun. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 13–18. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/2998
Abstract views: 467 , PDF Downloads: 150