Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gejala Pemanasan Global

  • A. FARID AINUL MARHUM
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan mengetahui respon siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium pada materi gejala pemanasan global. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 18 Surabaya dengan sampel sebanyak tiga kelas dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Instrumen tes berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas nilai pre-test dan post-test didapatkan kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2 terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas dinyatakan terlaksana dengan kategori sangat baik; 2) Berdasarkan analisis n-gain hasil belajar siswa pada ketiga kelas meningkat dengan kategori sedang; 3) Pembelajaran yang dilakukan mendapatkan respon positif dari siswa dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar, kegiatan laboratorium, gejala

pemanasan global.

Abstract

This study aims to describe the implementation of learning, learning outcomes, and student’s responses of by applying guided inquiry learning models based on laboratory activities in symptoms global warming. Thentype of research used pre-experimental design. The research was conducted at Senior High School 18 Surabaya with three sample classes with one experiment class and two replication classes. Technique of collecting data is observation method, test, and questionnaire. The test instrument is a multiple choice. Based on the normality test and homogeneity test of pre-test and post-test values ​​obtained experimental class, replication class 1, and replication class 2 are normal distributed and homogeneous. The results showed: 1) The implementation of learning in the three classes observed from the teacher activity for two meetings was stated to be very well executed; 2) Based on the analysis of n-gain student learning outcomes in the three classes increased in the medium category; 3) The learning done earns positive responses from the students with very good category. The results concluded that guided inquiry models based on laboratory activities can improve student learning results.

Keywords: guided inquiry learning, laboratory activities, and learning result, symptoms global

warming




Published
2018-11-16
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 42