Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Fisika.

  • YUNI SRI UMININGSIH
  • HERMIN BUDININGARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini yaitu pre-eksperimental dengan desain pre-test and post-test design menggunakan tiga kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran guided inquiry dengan pendekatan CTL pada materi gerak harmonik sederhana dapat meningkatkan masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis yaitu terdapat pada nilai post-test dengan taraf signifikasi 0,05 dengan rerata n-gain berada pada level sedang serta konsisten pada ketiga kelas, dan mendapatkan respon yang positif dengan kategori baik sekali dari rata-rata ketiga kelas.

Kata kunci: CTL, guided inquiry, kemampuan berpikir kritis.

Abstract

This research aims to describe the implementation of guided inquiry learning model using the CTL approach, to improve students critical thinking skills, also find out responses of students to the guided inquiry learning model with the CTL. The type of research used was pre-experimental design with pre-test and post-test using three experimental. The results show that the neglect of guided inquiry learning model with CTL approach to simple harmonic motion can improve each indicator of critical thinking ability. This research has the post-test value with the level the significance of 0,05 with the mean of n-gain was at the level of increasing the moderate and consistent category in the three groups, the and received a positive response with an excellent grade from the average of the three groups.

Keywords: CTL, Guided Inquiry, Critical Thinking Skills.
Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 69